Marketing Strategy

Indonesia Comic Con Pertemukan Artis Lokal dan Luar

Indonesia Comic Con Pertemukan Artis Lokal dan Luar

Industri kreatif Indonesia kembali unjuk gigi dengan menghadirkan Indonesia Comic Con pada 14 – 15 November di Jakarta Convention Center. Acara ini diselenggarakan oleh Reed Panorama Exhibitions dan Reedpop yang khusus menyelenggarakan acara Comic Con. Beberapa di antaranya yaitu, New York Comic Con, Paris Comic Con, Star Wars Celebration, Viena Comic Con dan masih banyak lagi.

Total ada 25 acara unik yang telah mereka selenggarakan di seluruh dunia. Kini, bangkitnya industri kreatif Indonesia, membuat Reedpop ingin menghadikan Indonesia Comic Con yang pertama di Indonesia. Acara ini akan menghadirkan 160 ekshibitor dari 6 negara yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Jepang, Italia, dan Amerika Serikat.

ket foto: para seniman yang akan mengisi acara indonesia comic con 2015

ket foto: para seniman yang akan mengisi acara indonesia comic con 2015

Nantinya akan ada 70 lokal seniman Indonesia yang hadir di acara ini baik cost play, buyers, artis, ilustrator dan masih banyak lagi. Menurut James Boey, General Manger Reed Exhibitions, artis lokal Indonesia memiliki peranan penting dalam Indonesia Comic Con.

”Kami ingin para seniman Indonesia bisa bertemu dengan artis luar sehingga mereka bisa berbagi pengalaman. Selain itu juga mereka diharapkan dapat membagi pengalaman mereka dengan seniman lokal lainnya, “ ujarnya dengan serius.

Oleh karena itu pihak Reedpop pun mengundang berbagai tokoh terkenal di industri kreatif. Beberapa diantaranya yaitu David Mack, penulis best seller New York Times yang bergabung dengan Marvel, lalu Simone Legno, kreator mainan asal Italia, Kenji Ohba, Hitomi Okada, dan masih banyak lagi. Total akan ada 15 seniman luar negeri yang hadir di comic con pertama di Indonesia ini. Bagi James, branding Comic Con menjadi fokus utama.

Meskipun begitu tak bisa dipungkiri bahwa Comic Con merupakan salah satu ajang bagi para industri raksasa seperti Sanrio, Piero, Funko, dan Royal Selangor, memperkenalkan produk baru mereka. Akan ada 80 produk baru dan ekslusif seperti brand Funko Pop dengan koleksi vinyl seri Star Wars, proyek terbaru dari Carvan studios, Glitch Network dan lain-lain.

Seniman lokal Indonesia pun juga akan ikut ambil bagian, seperti peluncuran miniatur tanah liat dari Bloembot. Pihak penyelenggara juga menyediakan beberapa area khusus dimana pengunjung bisa membeli merchandise limited edition. Menurut James akan ada beberapa area seperti comic corner, collector private showcase yang baru pertama kali diadakan di dunia dan Asia.

Ia pun cukup yakin Indonesia comic con akan mendapat sambutan positif. Meskipun ia tidak menargetkan jumlah pengunjung, namun penjualan tiket pre sale sudah menembus angka 2000. Selain itu keseluruhan pihak penyelenggara pun memiliki passion di industri ini. Nantinya, akan ada kompetisi cost play, diamana pemenangnya akan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti cost play tingkat dunia di Chicago.

Acara ini sendiri tidak menargetkan usia tertentu dan terbuka untuk semua kalangan. Hal ini ditandai dengan kehadiran Kenji Ohba , aktor Jouchaku yang terkenal di era 80-90an. Lalu akan hadir pula Hitomi Okada yang akan mengadakan kelas seni tanah liat bagi anak-anak. “Banyak para pecinta pop culture yang mencintai dunia ini sehingga kami ingin memberikan ruang bagi mereka untuk bertemu dengan sesama pecinta pop culture,” tutupnya. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved