Ini Dia Jurus Go-Box Bermain di Logistik

Salah satu layanan dari aplikasi Go-Jek yakni Go-Box untuk pengiriman barang barang ukuran dan volume besar  optimis menghadapi persaingan pasar logistik. Raditya P. Wibowo, Head Go-Box, mengatakan, pasar logistik di Indonesia sangatlah besar, sehingga pemain baru seperti Go-Box bisa tumbuh.“Potensi pasar logistik kita besar sekali, dan saya rasa dengan pertumbuhan Go-Box saat ini akan besar ke depannya,” ujar Raditya.

r_Raditya_resized_1

Pria yang akrab disapa Radit ini mengaku pemain baru di bisnis logistik sejenis Go-Box sudah mulai banyak, namun ia mengklaim dari jumlah order yang diterima, Go-Box masih menjadi market leader. Hal itu diakuinya karena aplikasi ini berada di bawah nama besar Go-Jek.

Berbeda halnya dengan Go-Jek yang mengantar konsumen dari suatu tempat ke tempat lainnya.  ada beberapa tantangan yang sering dihadapinya lebih kompleks. "Tantangannya kalau logistik bisa aja di tengah jalan barangnya rusak atau pas sampai tujuannya orangnya tidak ada atau gudangnya sudah tutup. Belum kalau truknya datang, ternyata barangnya lebih besar dari yang didiskripsikan jadi harus ganti jenis truk,” jelasnya.

Lalu strategi apa yang di jalankan oleh Radit? Ia percaya strategi terbaik yaitu word of mouth marketing. Menurutnya ketika seseorang puas dengan layanan/produk yang dipakai, maka orang tersebut akan merekomendasikan kepada teman-temannya. Dengan hal ini, ia yakin Go-Box akan tumbuh pesat nanti.

“Sejauh ini pertumbuhan kami setiap order Jumat naik tinggi banget karena hipotesa kami dipakai pindahan ” paparnya.

Untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis Go-Box, walaupun terbantu sekali dengan nama Go-jek, Radit tak tinggal diam. Kegiatan marketing juga ia lakukan melalui online maupun offline seperti melalui Instagram, kerja sama dengan event-event, memberikan potongan harga untuk UMKM dan lainnya.

Ke depannya, Go-Box akan diintegrasikan dengan layanan-layanan yang ada di aplikasi Go-Jek misalnya, kalau beli barang besar nanti bisa beli melalui Go-Maat tapi dikirimnya melalui Go-box, jadi nanti tarifnya agak beda tapi tetap satu kali order aja Go-Mart.

Ia juga menargetkan tahun 2016 ini dengan Go-Jek yang akan melebarkan sayap ke Semarang dan Yogyakarta, Go-Box pun tentu bisa mempeluas trayek dari Jakarta-Semarang-Surabaya-Bali. (EVA)

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)