Inilah 5 Kawasan Terfavorit

Portal properti Indonesia, rumah123.com, mengumumkan tren properti pada triwulan keempat di 2011 sebagai acuan masyarakat maupun referensi bagi para investor properti. Selama bulan Oktober hingga Desember, ada lima kawasan yang menjadi favorit. Apakah itu?

Peringkat teratas pada Oktober 2011 terkait area terfavorit adala Bekasi dengan jumlah pencariannya mencapai 163.217 sedangkan jumlah properti yang terdaftar di kawasan tersebut sebanyak 1.172. Rasio antara ketersediaan jumlah pencarian (search) dengan jumlah rumah (listing0 adalah 139. ini berarti, satu rumah yang ditawarkan di situs tersebut diminati oleh 139 pencari properti. Posisi kedua adalah Sunter dengan rasio ketersediaan adalah 57 pembeli per 1 listing rumah. Disusul dengan Bintaro (Tangerang) yaitu 49 pembeli per 1 listing rumah, BSD (Tangerang) yaitu 40 pembeli 1 listing rmah dan Depok dengan 30 pembeli per 1 listing rumah.

“Kawasan suburban Jakarta memang menjadi incaran para peminat properti. Selain karena lahan untuk properti khususnya rumah di Jakarta mulai terbatas, masyarakat memilih suburban karena kawasan tersebut lebih nyaman sebagai lokasi tempat tinggal serta tak sulit akses ke pusat kota Jakarta,” kata Meddy H. Papinka, Sales Manager rumah123.com. Memang, berdasarkan pantauan minat di situs tersebut, masyarakat cenderung mencari properti rumah.

“Hampir 91% konsumen memilih properti rumah. Mungkin karena kecenderungan budaya kita yang lebih nyaman atas tempat tinggal yang menyentuh tanah. Yang menarik, properti tidak hanya dipandang sebagai tempat tinggal tetapi juga objek investasi. Ini juga terjadi di kalangan menengah,” kata Meddy lagi.

Di November 2011, situs tersebut mencatat bahwa Bintaro menempati urutan pertama bagi pembeli rumah dengan jumlah pencarian mecapai 478.168 serta jumlah listing 3.548. Berada di posisi berikutnya adalah area Bekasi, Depok, Kelapa Gading dan BSD. Dari data tersebut, terlihat pergeseran peringkat mengenai area yang banyak dicari oleh pembeli. Kelapa Gading yang sebelumnya tidak masuk ke 5 besar di Oktober 2011, masuk ke jajaran top five pada November 2011.

Di Desember 2011, lima area yang paling diincar adalah Pondok Indah dengan jumlah pencarian mencapai 23.567 dengan 92 listing properti, Serpong, disusul dengan Kebon Jeruk, Tebet dan Bintaro. Pada bulan tersebut, terlihat bahwa jumlah permintaan terhadap ketersediaan pasar properti kelas atas meningkat pesat.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)