Marketing zkumparan Automotive

Jelang Idul Fitri, Carsome Targetkan Peningkatan Penjualan 150%

Jelang Idul Fitri, Carsome Targetkan Peningkatan Penjualan 150%
Carsome pun menargetkan pertumbuhan 150%

Beberapa waktu lalu, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) s telah memprediksi bahwa pada tahun ini penjualan mobil bekas justru akan mengalami peningkatan yang cukup signifikan dibanding penjualan mobil baru.

Prediksi Gaikindo ini tepat. Di Kuartal I/2019 ini pasar mobil bekas mulai bergeliat. Hal ini diungkapkan oleh Andreas Djingga, Country Manager Carsome Indonesia.“Peningkatan penjualan mobil bekas diprediksi akan mencapai puncaknya pada Mei, khususnya menjelang hari raya Idul Fitri, lalu juga akhir tahun,” ujar Andreas di Kaca Coffee & Eatery Jakarta, (30/04/2019).

Platform penjualan mobil daring asal Malaysia, Carsome pun menargetkan pertumbuhan 150% dibandingkan bulan-bulan sebelumnya atau 9 kali lipat dibandingkan tahun lalu. Andrea juga memprediksi mobil jenis MVP yang akan laris.

Namun, menurut Andreas, meskipun tumbuh subur bukan berarti tanpa tantangan. Oleh karena itu, pihaknya melakukan strategi komunikasi dengan meluncurkan kampanye #YakinGaMauIkutan sebagai inti pesan dari aktivasi ‘Mobil Goyang’.

Langkah itu digunakan Carsome untuk menunjukkan persona yang berani dan berbeda dari kompetitor yaitu Carsome memiliki sistem penawaran transparan untuk memberikan harga terbaik mobil. Kampanye ini diaplikasikan melalui tema feel sexy, enjoyable, dan entertaining.

“Kami ingin mengepung wilayah Jabodetabek secara on air, online dan on ground, sehingga brand Carsome menjadi pilihan utama mereka saat ingin menjual mobil bekas kesayangannya,” paparnya.

Demi menjangkau target sasar di kawasan Jabodetabek, Carsome juga memperkuat infrastrukturnya melalui layanan Full Service Branch. Di titik lokasi Full Service Branch, pemilik mobil bisa mendapatkan layanan menyeluruh untuk menjual mobil mereka mulai dari bantuan pendaftaran, pengecekan dan penilaian mobil dari inspektor profesional, penawaran transparan dari ribuan dealer yang bisa dipantau secara real time melalui gadget, hingga transaksi yang didampingi oleh tim Carsome.

“Di tempat ini, penjual mobil juga bisa memastikan bagaimana Carsome menjamin transfer kepemilikan secara legal dan proses pembayaran secara langsung. Seluruh layanan yang diberikan Carsome baik yang dimulai di website atau langsung di Full Service Branch kami adalah gratis tanpa biaya sepeser pun,” jelas Andreas.

Saat ini lokasi Full Service Branch Carsome yang telah siap melayani sepenuhnya ada di Puri Mansion, Bekasi, Transmart Cilandak, Kelapa Gading, serta Cibinong yang akan buka dibulan Mei mendatang.

Di kawasan Jabodetabek, Carsome mengalami pertumbuhan leads sebesar 348%, dan di kuartal pertama tahun 2019 sebanyak 172% dengan lebih dari 6.000 penawaran harga setiap bulan. Adapun jumlah kenaikan transaksi di kuartal pertama tahun 2019 mencapai angka rata-rata 20% per bulannya dengan top selling car model di bulan April ini adalah Nissan Grand Livina. Sementara area dengan transaksi tertinggi sampai tahun 2019 masih dikuasai area Jakarta, dengan komposisi 73% pria dan 27% wanita yang menggunakan platform Carsome dengan rentang usia 25-34 tahun atau 36%.

Untuk memperluas jangkauannya, Carsome juga berencana melakukan ekspansi ke Bandung, Surabaya, Semarang, dan Yogyakarta. “Di sana penjualan mobilnya tinggi,” ujar Andreas.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved