Marketing Trends zkumparan

Kemenpar Gandeng Blibli Majukan Industri Pariwisata

Kemenpar Gandeng Blibli Majukan Industri Pariwisata

Kementerian Pariwisata Republik Indonesia dan PT Global Digital Niaga (Blibli.com) menandatangani nota kesepahaman untuk mendukung program ‘Wonderful Indonesia’.

Disaksikan oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Chief Executive Officer Blibli.com Kusumo Martanto, kedua pihak berkomitmen untuk mempromosikan destinasi pariwisata Indonesia dan penyaluran produk serta jasa berbasis online.

Blibli melalui kategori Blibli Travel akan mendukung promosi 10 destinasi pariwisata prioritas dan 88 kawasan strategis pariwisata lainnya. Beberapa destinasi dan kawasan tersebut seperti Danau Toba, Borobudur dan sekitarnya, Labuan Bajo, hingga Wakatobi dan Morotai. Melalui situs dan aplikasi Blibli, mal online ini akan membuat situs mikro dan desain khusus untuk ‘Wonderful Indonesia’.

Plt Sekretaris Kementerian Pariwisata RI, Ni Wayan Giri Adnyani, mengatakan, kemajuan dunia digital memiliki peran yang sangat penting bagi kegiatan promosi industri pariwisata. Kerja sama ini untuk mendukung ‘Wonderful Indonesia’ melalui rangkaian promosi destinasi-destinasi prioritas dan dukungan terhadap para pelaku UMKM guna mengembangkan produknya secara online.

“Melalui platform dan teknologi yang dimiliki oleh Blibli, kami yakin akan banyak potensi-potensi pelaku usaha yang bisa dikembangkan bersama,” ujarnya.

Senior Vice President Product Category Blibli.com, Lay Ridwan Gautama, menjelaskan bahwa pihaknya akan mendukung pengembangan bisnis UMKM melalui rangkaian program pelatihan. Pelatihan ini diharapkan dapat menjadi pembekalan bagi UMKM untuk mempertahankan atau bahkan meningkatkan kualitas produknya serta membawa bisnisnya ke ranah online. Pada situs mikro ‘Wonderful Indonesia’, para pelanggan Blibli.com dapat mengakses produk-produk UMKM yang tersedia di area yang termasuk di dalam destinasi prioritas ini. Menurutnya para UMKM menjadi aset penting dalam memperkenalkan produk-produk lokal Indonesia bagi para wisatawan.

“Dengan adanya pelatihan dan penjualan produk di Blibli.com, mereka berkesempatan untuk memasarkan produk mereka hingga ke seluruh Indonesia,” tuturnya.

Sebagai e-commerce lokal, kerja sama ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh pelaku usaha pariwisata. Blibli mnyediakan mulai dari kebutuhan dasar pariwisata seperti tiket dan penginapan, produk UMKM lokal hingga jasa layanan lokal lainnya. Oleh karena itu, UMKM lokal dapat memanfaatkan platform Blibli dalam mengembangkan bisnisnya agar lebih dikenal dan mudah dijangkau.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved