Marketing Trends

Kirana Nusantara untuk Dongkrak Penjualan UMKM Kesehatan dan Kecantikan

Di tengah badai pandemi Covid-19 yang telah memporak-porandakan berbagai sektor ekonomi, pelaku UMKM yang menjalankan bisnisnya secara online justru mengalami kenaikan penjualan. Hal ini disebabkan oleh perubahan perilaku belanja konsumen pada masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Selama menjalankan aktivitas di rumah saja, konsumen banyak memilih berbelanja online demi menjaga jarak dengan orang luar, serta menghindari kerumunan. Jenis barang yang dibeli pun merupakan produk kebutuhan pokok seperti makanan dan minuman, alat-alat penunjang kebutuhan bekerja dan sekolah di rumah, produk kecantikan untuk perawatan penampilan selama masa PSBB, serta produk-produk kesehatan untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Tak heran selain makanan, produk kesehatan dan kecantikan menjadi produk yang dicari dalam daftar belanja online masyarakat. Produk kecantikan mencatatkan rekor penjualan online 40-50 juta per unit selama April-Juni. Sementara produk kesehatan turut mengalami kenikan 3 kali lipat dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Menangkap peluang pasar ini, Kementerian Koperasi Republik Indonesia (Kemenkop RI) bekerja sama dengan Shopee, mengadakan event yang bertujuan meningkatkan penjualan para produsen, pengusaha, dan penjual produk kesehatan dan kecantikan di Indonesia. Tercatat sebanyak 100 UMKM sub sektor kesehatan dan kecantikan ikut ambil bagian dalam acara ini. Jumlah UMKM ini merupakan hasil kurasi dari ribuan UMKM yang terdaftar di Kemenkop.

“Pelaku UMKM di sub sektor kesehatan dan kecantikan adalah contoh konkret sebuah bisnis bisa bertahan di masa pandemi. Dengan memanfaatkan momentum dan kebutuhan konsumen, bisnis akan tetap lancar lewat online. Lewat acara ini, Kemenkop juga menegaskan dukungan kami terhadap seluruh UMKM di Indonesia untuk mengembangkan bisnisnya secara online ,” ujar Victoria br. Simanungkalit, Deputi bidang Produksi dan Pemasaran Kemenkop UKM.

Acara yang diberi titel Kirana Nusantara ini, merupakan event Festival Belanja Online yang akan digelar mulai tanggal 19 Oktober sampai dengan 9 November 2020. Adapun pemilihan nama Kirana, diambil dari bahasa sansekerta yang memiliki arti menawan, cantik, bersinar, karena cantik luar dan dalam.

Selain akan menjadi ajang belanja online, kegiatan ini juga mengangkat berbagai macam sesi live streaming berupa ‘Ngobrol’ bersama narasumber yang terdiri dari pakar, dan pelaku UMKM kesehatan dan kecantikan. Dan untuk menambah maraknya acara, pada Festival Belanja Online Adiwarna Nusantara akan digelar juga sesi live streaming ‘Ngobral” yang menjadi momen belanja dengan potongan harga atau gratis ongkir. Para pengunjung dapat mengikuti live streaming Festival Belanja Online Kirana Nusantara yang akan hadir selama empat hari, yakni tanggal 5-8 November 2020.

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved