Marketing Strategy

KTM Targetkan Penjualan 1.000 Motor Sport Tiap Tahun

IMG_2857

Pertama kali diluncurkan di Jepang, Indonesia menjadi negara kedua dirilis KTM 250 Duke dan KTM RC 250 dalam event Indonesia International Motor Show (IIMS). Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia, sejak tahun 2009-2014 penjualan motor di segmen sport semakin meningkat. Permintaan di kelas naked sport dan sport full fairing juga cenderung bergerak naik, khususnya di kelas 250 cc.

Kedua model terbaru KTM ini dibekali mesin satu silinder, DOHC, 4 katup. Mesin ini mampu mengeluarkan tenaga maksimal higga 31 hp pada 9.000 rpm dan torsi maksimas sebesar 24Nm pada 7.250 rpm. Bobot yang hanya 37,2 kg termasuk ringan untuk kelasnya. Motor sport dengan kapasitas 250 cc ini menggunakan sasis yang diadopsi dari terjunnya KTM di kejuaraan balap tingkat dunia Moto3. Sasis tipe trellis baja ini mampu memberikan stabilitas tinggi dan kendali yang presisi. Bobotnya juga terbilang ringan, hanya 139 kg untuk 250 Duke dan 147 kg untuk RC 250. Selain sasis yang diadopsi dari Moto3, KTM juga memberikan suspensi WP Suspension dengan diameter 43 mm.

Untuk menunjang keamanan di bagian pengereman, 250 Duke dan RC 250 dibekali dengan teknologi ABS dengan Bosch 9MB Two Channel. Kedua motor ini juga dilengkapi caliper rem depan 4 piston dari ByBre dan disc brake selebar 300 mm. Sementara itu, rem belakangnya menggunakan caliper satu piston dari ByBre dengan lebar disc brake 230 mm. 250 Duke dan RC 250 dengan speedometer multofungsi dengan tampilan full digital. Khusus untuk RC 250, sudah dibekali dengan penerangan dengan lampu LED yang diklaim lebih tahan lama dibandingkan dengan lampu bohlam.

Untuk bagian kaki-kakinya 250 Duke dan RC 250 diberi ban paling lebar dengan ukuran ban belakang 110/70-17 dan ban belakang berukuran 150/60-17. KTM 250 Duke dijual dengan harga Rp 69.500.000 dan KTM RC 250 dijual dengan harga Rp 74.500.000.

Ir. Kristianto Goenadi, Presiden Direktur PT KTM Motor Indonesia (KTMI), menargetkan penjualan 1.000 unit per tahun untuk kedua model ini dengan porsi RC 250 lebih besar.

Dalam acara ini, dilakukan juga penandatangan MoU antara KTM sportmotorcyle Gmbh, PT Moto KTM Indonesia, dan PT KTMI. Dengan ditandatanganinya MoU ini, KTM sport motorcycle didistribusikan oleh PT KTMI dengan network distribution yang baru dan line up produk-produk yang terbaru.

“KTMI mendapat support penuh dari KTM Austria khususnya untuk after sales, back up spare part, dan related accessories,” jelas Kristianto.

KTMI akan lebih fokus ke jaringan distribusi dan memperbaiki network. PT KTMI akan membuka flagship pertamanya di Jakarta yang akan selesai di bulan September. Selain itu, di tahun 2015 akan dibuka lagi 2 flagship di Bandung dan Surabaya. Di tahun 2016 PT KTMI menargetkan akan menambah 5 flagship lagi. Meskipun sempat mengalami penurunan di tahun 2014, namun secara global KTM mendapat kenaikan sebesar 17%. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved