Marketing Strategy

Kuasai Market Share 60%, AHM Luncurkan All New Honda CBR 150R

Kuasai Market Share 60%, AHM Luncurkan All New Honda CBR 150R

Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), pasar sport Tanah Air terus berkembang seiring dengan terus tumbuhnya minat konsumen di segmen ini. Tercatat penjualan motor sport nasional tumbuh 7,2% dari 696.824 unit pada Agustus 2013 menjadi 746.757 unit pada Januari-Agustus 2014.

Sementara itu, Honda dalam penjualannnya tumbuh jauh di atas pertumbuhan nasional yaitu 10,7% dari 252.250 unit pada Januari-Agustus 2013 menjadi 279.223 unit pada Januari-Agustus 2014.

20140907_101006_400x300

Kebutuhan konsumen Indonesia terhadap motor sport Indonesia yang berpenampilan balap dengan harga yang terjangkau cukup besar. Minggu (7/9) PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan model sport premium terbaru All New Honda CBR 150R motor yang memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia dengan harga yang terjangkau. Di segmen motor sport premium, Honda CBR 150R yang merupakan flagship motor sport Honda ini terus diminati konsumen Indonesia.

AHM memproduksi All New Honda CBR150R dengan standar kualitas global yang dimiliki motor sport premium yang dipasarkan pertama kali di Indonesia pada Juni 2011. Mengusung tema “Made of Champion” model Sport terbaru ini hadir dengan perubahan menyeluruh pada tampilan, performa, maupun penambahan fitur-fitur unggulan. Konsep desainnya mengacu pada motor sport besar Honda dengan performa lebih tinggi sehingga dapat semakin memberikan kebanggaan dengan pengendaranya.

All New Honda CBR150R yang diproduksi dan dirakit langsung oleh putra-putra bangsa terpilih di pabrik AHM Pegangsaan, Jakarta Utara dengan komponen lokal yang cukup besar. Tingginya kandungan komponen lokal ini mencerminkan besarnya dukungan produsen suku cadang di dalam negeri baik skala besar maupun kecil. Dipasarkan dengan 4pilihan warna sporty, yaitu Honda Three Colors, Champion Red dan Speedy Black dan dibandrol dengan harga Rp28.500.000 dan Rp29.100.000 untuk Repsol edition. Selain itu, AHM juga menargetkan penjualan All New Honda CBR150R sebanyak 42.00 unit/bulan.

Bagaimana strategi pemasaran dan kelebihan All New Honda CBR 150R berikut petikan wawancara repoter SWA Online dengan Deputy General Manager Sales Division PT AHM, Thomas Wijaya.

Berapa market share motor Honda di Indonesia?

Saat ini market share sudah 60,3% sampai dengan Agustus 2014.

Bagaimana strategi pemasaran All new Honda CBR150R?

Pertama, melalui online atau indent karena kami melirik pasar high end yang di mana pasar ini merupakan orang-orang yang melek internet. Kedua, memberikan prioritas delivery. Ketiga, memberikan jaket premium eksklusif untuk mereka dan sesudah itu, yang penting akan membuat komuniti untuk konsumen-konsumen All New Honda CBR150R ini, karena konsumen ini lebih ke pride atau kebanggaan, sehingga mereka butuh eksklusifitas

Bagaimana dengan target pasarnya?

Target pasar untuk produk ini lebih ke masyarakat menengah ke atas.

Apa kelebihan produk ini dibandingkan dengan produk yang sebelumnya?

Yang pasti dari sisi performance. Jadi ini sudah memakai mesin dohc 6 speed, kemudian suspensinya sudah pakai prolink sehingga sangat nyaman dipakai oleh konsumen di Indonesia. Selain itu, keiritan bahan bakar sampai dengan 35km/liter itu kita jaga untuk keiritan bahan bakar. Jadi kelebihan produk ini dari desain, fitu dan keiritan bahan bakar. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved