Marketing Trends

Layanan Tele-Oftamologi Kesehatan Mata untuk Virtual Triage

JEC Eye Hospitals & Clinics meluncurkan layanan terbaru JEC@Cloud yang memberikan konsultasi kesehatan mata melalui peralatan medis digital dan teknologi informasi (tele-oftalmologi). Lewat layanan ini, pasien bisa mendapatkan akses konsultasi dengan para pakar kesehatan mata JEC, tanpa perlu datang ke rumah sakit/klinik.

Dr. Johan A. Hutauruk, SpM (K), Presiden Direktur JEC, menyampaikan, JEC menjadi institusi kesehatan mata pertama di Indonesia yang menyediakan fasilitas tele-oftalmologi ini. Hadirnya layanan ini juga sejalan dengan imbauan Kementerian Kesehatan yang menganjurkan rumah sakit untuk mengembangkan pelayanan jarak jauh (telemedicine).

“Di awal mewabahnya Covid-19, JEC telah sigap menyiapkan langkah strategis dan taktis guna memastikan keselamatan pasien serta tenaga medis dan non-medis atas risiko paparan virus tersebut. Tak berhenti di situ, kami juga bergegas merumuskan solusi untuk tetap menjaga kesehatan mata masyarakat Indonesia. Karenanya, kami mempersembahkan layanan tele-oftalmologi JEC@Cloud,” ujarnya seperti dikutip SWA Online dalam keterangan tertulis, Selasa (28/04).

Layanan ini terutama ditujukan untuk virtual triage, di mana pasien akan mendapatkan arahan yang jelas apakah kondisi keluhan matanya adalah suatu hal yang sifatnya gawat darurat dan perlu mendapatkan penanganan langsung di fasilitas kesehatan mata terdekat, atau kondisi mata yang bisa ditangani sementara waktu dengan home remedy dan obat-obatan.

Layanan ini juga dapat dimanfaatkan oleh pasien pasca operasi/ tindakan di JEC yang ingin berkonsultasi dengan dokternya. Selain itu, JEC@Cloud juga dilengkapi dengan fasilitas konsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam dan psikolog anak-dewasa JEC.

Bagi pasien existing, Johan memastikan, layanan ini telah terintegrasi dengan data rekam medis yang aman. Dengan demikian, dokter JEC dapat memberikan arahan yang lebih komprehensif berdasarkan riwayat medis pasien.

“Keamanan data pasien menjadi perhatian khusus JEC. JEC sangat menghormati privacy pasien. Rekaman konsultasi daring dan riwayat medis pasien terjamin kerahasiaannya sesuai etika kedokteran. Layanan ini menjadi solusi berbasis teknologi yang tetap tegas menjunjung nilai kemanusiaan dan hak-hak pasien,” kata Dr. Valenchia, SpM, Kepala Pelayanan Tele-Oftalmologi JEC @ Cloud.

Apabila pasien mendapat resep dari dokter, layanan ini akan mengatur penyediaan obat-obatan yang dibutuhkan untuk dikirim langsung ke rumah melalui kurir online. “Kemudahan ini tentunya bertujuan agar pasien tetap di rumah, merasa aman dan nyaman,” tambah Valenchia.

Adapun pasien bisa mendapatkan layanan tersebut dengan menghubungi contact center atau email JEC. Petugas JEC kemudian mengarahkan pasien untuk mengikuti langkah-langkah lebih lanjut guna mendapatkan akses ke platform komunikasi digital yang telah disediakan guna langsung berkonsultasi daring dengan dokter.

“Kami meyakini teknologi informasi akan menjadi masa depan pelayanan kesehatan, termasuk melanjutkan realisasi komitmen JEC tersebut. Hadirnya JEC@Cloud juga menjadi bukti kesiapan kami menyongsong babak baru pelayanan kesehatan yang lebih praktis dan mutakhir, kelak setelah pandemi berakhir,” tutur Johan.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved