Marketing Strategy

Layani Konsumen, The Body Shop Indonesia Punya Tim Group Selling

Oleh Admin
Layani Konsumen, The Body Shop Indonesia Punya Tim Group Selling

Produsen produk perawatan tubuh, The Body Shop Indonesia, semakin gencar memberikan pelayanan kepada konsumennya. Mereka mempunyai sebuah tim yang menangani permintaan pelanggan untuk membuat paket bingkisan spesial (special gift) untuk sejumlah perayaan, seperti lebaran, pernikahan, hingga ulang tahun. Tim itu disebut dengan tim group selling.

Ilya Kamelia, Beauty Consultant Group Selling Manager The Body Shop Indonesia (kiri)

“Tujuan tim group selling ini untuk meningkatkan pelayanan The Body Shop Indonesia,” terang Ilya Kamelia, Beauty Consultant Group Selling Manager The Body Shop Indonesia, di Jakarta, akhir pekan lalu.

Di bulan suci, The Body Shop Indonesia sendiri menawarkan beragam bingkisan cantik Lebaran. Bingkisan tersebut bisa didapatkan konsumen mulai akhir Juli ini. Namun, tidak hanya di momen Lebaran saja konsumen bisa menemukan bingkisan produk-produk The Body Shop. Kapan pun konsumen mau membuat bingkisan bisa menghubungi pihak perusahaan ataupun datang ke toko.

Ia pun mengatakan, “Telepon saja ke kami, nanti barang yang diinginkan seperti apa, budget berapa, mau dipakai kapan, tinggal bilang. Nanti dibuatkan. Kita wrapping sebagai contoh dulu.” Konsumen pun bisa memilih aksesoris untuk bingkisan. “Setelah setuju sepakat bahwa itu (bingkisan) yang diinginkan, nanti dikirimkan ke tempat,” imbuh Ilya.

Memang yang menarik dari paket Special Gift The Body Shop ini, terang dia, tim group selling bisa datang ke tempat pelanggan dan mengantarkan bingkisannya. Pengantaran bingkisan tidak dikenakan biaya selama itu berada di wilayah Jabodetabek. Jika di luar wilayah itu, akan ada biaya tambahan. “Kami janjikan satu-dua hari sampai di tempat,” terangnya.

Tim group selling ini sebenarnya sudah mulai dari tahun lalu. Wilayah cakupannya sendiri masih sekitar Jakarta. Tapi tidak menutup juga kemungkinan mengantar bingkisan spesial sampai ke, misalnya, Bandung. Kalau di Bandung itu, seperti yang sudah pernah, bentuknya adalah kelas kecantikan yang diminta oleh suatu perusahaan. “Lalu dia mau beli paket (bingkisan spesial) untuk karyawan, ya kami sekalian bawa.”

Keberadaan tim group selling ini, menurut dia, sangat diminati oleh konsumennya. Cukup banyak klien dari kelas korporasi. Perusahaan biasanya memesan bingkisan spesial dalam setahun, misalnya untuk ulang tahun para karyawannya. Klien The Body Shop Indonesia pun tak hanya kalangan swasta, tetapi juga pemerintahan. “Sekali pesan korporasi itu nilainya bisa sampai Rp 100 juta,” ucap Ilya. Sebagai informasi, harga paket bingkisan spesial ini dimulai dari Rp 100.000, dan tanpa minimum pemesanan. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved