Marketing Trends zkumparan

Le Minerale Menjadi Official Mineral Water IBL

Pramesthi N Prasasya, Brand Manager Le Minerale (kedua dari kanan)

Air mineral merek Le Minerale gencar kampanye untuk meningkatkan awareness brand. Dengan payung kampanye Gerakan Indonesia Sehat, kegiatannya mendukung tiga pilar yaitu move right, drink right dan eat right. Salah satunya dengan menjadi sponsor utama IBL (Indonesia Basket League).

Sejak diluncurkan pada 2015, Le Mineral secara strategis melancarkan kampanye Gerakan Indonesia Sehat yang didukung oleh IDI (Ikatan Dokter Indonesia). Tahun 2018, mendukung event basket IBL yang digemari anak muda.

Seri ke IV Indonesia Basket League hadir di Kota Jakarta. Seri kali ini mempertemukan Stapac Jakarta vs Bima Perkasa Jogja di match pertama, dilanjutkan oleh Pelita Jaya Vs Satya Wacana. Melalui turnamen IBL pula, Le Minerale sebagai Official Mineral Water IBL 2017-2018, berkomitmen untuk terus mengampanyekan gaya hidup sehat pada masyarakat Indonesia, dengan memilih air minum yang tepat dan sehat untuk menunjang aktivitas sehari-hari serta berolahraga.

“Kami bersemangat mendukung penyelenggaraan IBL tahun ini karena melalui IBL kami dapat bersama menyampaikan pesan tentang pentingnya gaya hidup sehat melalui olahraga. Ini bisa dimulai dengan memilih air minum yang tepat serta sehat. Air mineral alami cocok dikonsumsi oleh atlet untuk memenuhi kebutuhan mineral dalam tubuh setelah berolahraga,” jelas Pramesthi N Prasasya, Brand Manager Le Minerale.

Aktivitas berat seperti berolahraga khususnya basket harus didukung oleh konsumsi air mineral yang tepat, yakni air mineral yang mengandung mineral alami, seperti kalsium, magnesium, sodium, potassium, nitrat, bikarbonat, sulfat dan klorida. Konsumsi air yang mengandung mineral alami mempercepat pemulihan kapasitas aerobik dan kekuatan otot tungkai untuk meningkatkan kapasitas jantung serta menurunkan indikator kerusakan otot, (Journal of the International Society of Sports Nutrition, 2014). Semua mineral alami yang berperan penting bagi tubuh tersebut, terkandung dalam Le Minerale.

Le Minerale juga menggelar sharing session dan coaching clinic, selain di Jakarta juga akan diadakan di sekolah-sekolah di Yogja dan Surabaya. Kegiatannya berupa talkshow ringan antara pemain IBL, komunitas pebasket junior dan perwakilan dari Le Minerale sebagai rangkaian kegiatan edukasi untuk mengajak masyarakat Indonesia memilih air mineral yang tepat saat dan setelah berolahraga. Pada sesi kali ini Le Minerale turut menghadirkan empat pemain professional IBL dari dua klub terbaik, Stapac dan Pelita Jaya. Le Minerale juga turut mengundang beberapa komunitas pemain basket junior berprestasi dari sekolah-sekolah di Jakarta.

Produk ini mulai masuk di pasar pada 2015. Pertumbuhannya diklaim manajemen mancapai ratusan persen. Namun begitu menariknya, market share Le Minerale sudah merangsek di posisi kedua setelah Aqua Danone untuk pasar produk air mineral. “Sudah dobel digit market sharenya,” kata Pramesthi yang akrab dipangii; Sasya sambil mengelak angka pasti.

Lalu apa saja yang dilakukan Le Minerale hingga merangsek ke posisi kedua pasar air mineral. Menurut Sasya merupakan keunggulan pertama Le Minerale adalah kualitas produk dan kemasan. “Air mineral kami terasa air dari pegunungan asli, segar dan ada rasa manis-manisnya,” dia mengklaim. Juga kandungan didalamnya yang kami kunci dengan kemasan terbaik. “Botol Le Mineral kalau dipegang keras, kencang, ini tentu dengan proses khusus, agar terjaga kandungan mineral alaminya seperti kalsium, magnesium, sodium, potassium, nitrat, bikarbonat, sulfat dan klorita,” terangnya.

Selain ditunjang dengan kekuatan distribusi Mayora Group yang ciamik, Le Minerale dikatakan Sasya sejak awal menggunakan tema kampanye yang didukung IDI yaitu Gerakan Indonesia. Kampanye ini ditopang dengan tiga pilar dengan mengadakan Le Minerale Water Run pada 2017 lalu dengan 2.000 peserta. “Peserta banyak sekali sampai kami batasi, kalau tidak bisa lebih dari 2.000,” katanya.

Untuk porsi placement campaign-nya, Sasya menyebut paling besar ada di ATL (above the line), sayang ia tidak mau sebutkan porsinya. Karena menurutnya di sana lebih masif dan luas jangkauannya. Lalu juga melalui BTL, yang lebih mendorong melalui experiental marketing. “Kami juga menggunakan digital marketing, ada beberapa akun media sosial Le Minerale seperti Facebook, Twitter, digital advertising, Youtube, Instagram. Pada tahun lalu kami membuat mini series dengan judul Love is Sweet di akun Youtube Le Minerale, responnya sangat bagus,” katanya. Inti ceritanya tentang tiga pilar kampanye Gerakan Indonesia Sehat itu yang dibuat dengan cerita menarik.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved