Marketing Editor's Choice Strategy

Lima Senjata Andalan Quantum Merajai Pasar

 Lima Senjata Andalan Quantum Merajai Pasar

Ada yang berbeda dari penghargaan Indonesia Original Brand (IOB) 2014. Selain semakin banyak kategori yang dimunculkan, ada juga jawara-jawara baru di IOB ke-6 kali ini. Salah satunya, kategori produk peralatan rumah tangga (home appliances) seperti kompor gas serta selang dan regulator yang berhasil diraih oleh Quantum.

Sejak diluncurkan tahun 1996 dan 2008, kompor gas dan selang-regulator Quantum semakin menunjukkan keperkasaannya di dalam negeri. Buktinya, tidak butuh waktu lama bagi PT Aditec Cakrawiyasa, produsen Quantum, untuk meraup pangsa pasar di tengah gempuran merek-merek asing.

QuantumRawono

Popularitas kompor serta selang-regulator Quantum dimulai saat proyek konversi minyak ke gas berlangsung. Saat itu, perusahaan yang bermarkas di Kebon Jeruk, Jakarta Barat, tersebut berhasil memenangkan tender yang diselenggarakan dari pemerintah 7 tahun lalu. Walhasil, merek Quantum semakin dikenal baik di dalam hingga keluar negeri.

Apa rahasia kehebatannya? Bagaimana strategi menggarap pasarnya? Berikut pemaparan Rawono Sosrodimulyo, Presdir PT Aditec Cakrawiyasa – produsen Quantum, kepada Ario Fajar dari SWA Online.

Tanggapan Anda terhadap kemenangan kompor dan selang-regulator Quantum?

Ini sebuah apresiasi yang sangat membanggakan buat perusahaan. Apalagi yang menyelenggarakan adalah media dan lembaga terpercaya. Kemenangan ini akan sangat berarti buat citra serta kinerja merek dan perusahaan kami ke depannya.

Seperti apa misalnya?

Dengan banyak mendapatkan penghargaan, kami bisa lebih mudah melakukan promosi, pemasaran, penjualan, distribusi dan lain-lain. Jika dulu awalnya sulit meyakinkan masyarakat bahwa produk kami bagus, sekarang dengan penghargaan-penghargaan yang kami dapat, tim kami jauh lebih mudah menjalankan tugasnya.

Dalam setahun berapa banyak penghargaan yang didapat?

Cukup banyak, mungkin paling sedikit 3-4 penghargaan.

Kalau boleh mengklaim, kenapa kompor dan selang-regulator Quantum bisa menang? Apa kekuatannya?

Saya berpendapat, ada lima kekuatan yang terdapat pada kompor gas dan selang-regulator Quantum sehingga bisa meraih penghargaan IOB ataupun penghargaan lainnya. Pertama, soal kualitas produk. Kami menciptakan produk yang kokoh, aman, tampilan yang menarik, serta modern. Kedua, harga yang kami tawarkan ke pasar sangat kompetitif. Ketiga, promosi yang gencar dan rutin yang selalu kami selenggarakan. Keempat, distribusi yang menyeluruh hingga kepelosok. Terakhir, after sales service yang memberikan pelayanan prima dan mengerti keinginan konsumen.

QuantumSelang

Bicara soal distribusi, bagaimana strategi distribusi perusahaan selama ini?

Kami mendesain tiga strategi. Pertama melalui direct selling yakni menjual produk door to door. Aktivitas ini masih terus dijalankan hingga ke pelosok di mana saat ini kami memiliki 40 cabang di seluruh Indonesia, didukung oleh 300 tenaga pemasar. Sebelum turun ke lapangan, para tenaga pemasar dilatih dan dibekali kemampuan sehingga mereka bisa mengedukasi target sasaran dan diharapkan bisa mempersuasi pembelian. Kedua, bekerjasama dengan distributor atau pihak ketiga. Saat ini kami telah menjalin kerjasama dengan 50 distributor. Terakhir, penjualan melalui modern market yang tersebar di seluruh Indonesia.

Bagaimana dengan strategi promosi?

Promosi masih didominasi dengan cara beriklan di media massa seperti televisi, radio, talk show di mana berdiskusi langsung antara perusahaan dengan konsumen. Kami juga memakai publik-publik figur seperti Andre Taulani agar lebih memudahkan proses penyampaian pesan. Biaya belanja iklan sekitar 5-10% setiap tahun. Kedua, kami juga rutin berpartisipasi dalam pameran seperti saat ini di Jakarta Fair Kemayoran.

Siapa saja target market kedua produk tersebut?

Untuk kompor, kami membidik kelas B dan C, tapi ada juga kompor yang ditujukan untuk kelas A misalnya kompor yang dibandrol seharga Rp 1 juta di mana dilengkapi dengan timer digital, ketahanan dan material yang sangat berkualitas. Untuk selang-regulator, kami membidik semua kelas ; A-B-C. Di mana harganya beragam mulai dari Rp 70 ribu hingga yang paling mahal Rp 110 ribu, untuk kelas A yakni dengan system Double Safety Lock. Penyerapan pasar masih besar di Pulau Jawa yakni sekitar 60%.

Sebenarnya, apa yang diinginkan pasar ketika ingin membeli kompor dan selang-regulator?

Kami melakukan riset kecil-kecilan tentang apa yang sebenarnya diinginkan masyarakat ketika ingin memutuskan membeli sebuah kompor. Hasil riset kami menunjukkan bahwa mayoritas konsumen ingin produk yang kuat, hemat gas, aman serta harga yang terjangkau. Dari hasil temuan tersebut, kami pelajari apa yang mungkin bisa dikembangkan

Sejak kapan kompor dan selang-regulator mulai menunjukkan keberhasilan?

Sejak diluncurkan tahun 1996, kompor Quantum perlahan bisa diterima pasar hingga pada akhirnya kami menjadi salah satu pemenang tender konversi minyak ke gas di mana saat itu pemerintah membagikan kompor dan gas secara gratis kepada masyarakat. Nah, dari situlah merek kami mulai dikenal lebih luas lagi.

Sedangkan selang regulator menguasai pangsa pasar setelah tiga tahun diluncurkan. Tahun 2008-2010, Indonesia diserbu selang-regulator palsu dari Tiongkok sehingga menyebabkan banyak terjadi kasus kebocoran dan ledakan. Dari banyak kasus tersebut, masyarakat sudah mulai pintar untuk memilih produk yang aman, bukan hanya sekedar murah. Tahun 2011, selang regulator Quantum langsung melesat penjualannya karena terbukti aman dan menduduki peringkat pertama pangsa pasar.

Berapa besar pangsa pasar kedua produk tersebut?

Kompor gas : 29% di mana merek Quantum menduduki peringkat kedua setelah merek asing dari Jepang. Sedangkan selang-regulator menguasai 45% di mana untuk kategori ini kami menjadi market leader.

Bagaimana agar pangsa pasar kompor serta selang-regulator terus meningkat?

Kuncinya dua : merilis produk-produk baru sesering mungkin dan pemerataan distribusi.

Bagaimana perusahaan berinovasi?

Inovasi berasal dari dua sumber yakni input atau masukan dari konsumen, kedua inovasi yang berasal dari riset dan pengembangan perusahaan. Misalnya, saat banyak terjadi kasus kebocoran dan ledakan gas, saya sendiri melakukan riset untuk mencari tahu apa penyebab kebocoran tersebut. Setelah 125 ribu kali melakukan pengukuran dan perhitungan, akhirnya saya menemukan jawaban di mana letak kesalahan atau penyebab utama kebocoran. Kebocoran terjadi karena kemiringan regulator. Dari temuan tersebut, akhirnya saya membuat regulator teraman dan terbaik saat ini yakni Double Safety Lock atau dua lengan pengunci.

Apa kehebatannya?

Sambungan antara mulut tabung gas dengan selang terjamin keamanannya karena diapit dua kunci, sehingga tidak akan terjadi kemiringan atau kendur. Kami sudah mematenkan inovasi dan produk ini. Jadi produsen lain tidak bisa memproduksi atau menciptakan double safety lock, hanya kami yang berhasil memproduksi.

Bagaimana kelebihan kompor gas Quantum?

Kami berani mengklaim, kompor gas Quantum merupakan kompor gas yang paling hemat. Misalnya rata-rata efisiensi kompor gas lain hanya sekitar 55%, kompor Quantum bisa mencapai 68%. Selain itu, kompor Quantum desain sangat modern, terbuat dari material terbaik dan mudah dibersihkan.

Bagaimana perusahaan melawan gempuran merek-merek asing?

Merek-merek asing memang ada tapi tidak terlalu membuat pangsa pasar Quantum terkikis. Jika harus berkompetisi, kami hanya berkompetisi ketat dengan merek Jepang untuk produk kompor. Sedangkan selang regulator, kami hanya berkompetisi dengan merek-merek Tiongkok. Saya sendiri tidak terlalu merisaukan kehadiran mereka.

Adakah strategi khusus melawan mereka?

Tidak ada. Hanya mengandalkan lima kekuatan yakni kualitas, distribusi, promosi, harga dan after sales service.

Bagaimana menciptakan loyalitas pelanggan?

Kami percaya untuk menciptakan loyalitas, maka perlu ada penyempurnaan dari sisi produk dan layanan. Soal produk, kami terus berinovasi seperti menjadi satu-satunya perusahaan yang menciptakan double safety lock. Kami saat ini juga memiliki 16 hak paten yang sudah terdaftar dan 16 hak paten yang masih pending. Itu semua akan membuat produk-produk kami menjadi lebih unggul dibandingkan yang lain.

Dari sisi layanan, kami memperkuat after sales service di mana saat ini terdapat 200 titik. Pelanggan bisa datang langsung ke outlet atau tim Quantum yang datang langsung ke rumah pelanggan. Kami juga memberikan garansi selama setahun. Perbaikan atau pelayanannya juga tidak memakan waktu lama yakni sekitar satu jam saja.

Berapa besar kontribusi kompor gas dan selang-regulator bagi perusahaan?

Kompor gas masih sebagai penyumbang terbesar yakni mencapai 50%, sedangkan selang-regulator sebesar 40%.

Berapa kapasitas produksi setiap bulan?

Kami memiliki tiga pabrik yakni dua di daerah Cikupa untuk memproduksi kompor gas dan produk plastik (blender, penanak nasi,dll) dan satu pabrik di Telesonik untuk produksi selang regulator. Kapasitas produksi kompor gas mencapai 200 ribu unit per bulan, sedangkan selang regulator mencapai 600 ribu unit perbulan.

Bagaimana dengan pasar ekspor?

Ekspor dilakukan sejak empat tahun lalu. Alasannya karena kami tidak hanya ingin bergantung pada pasar dalam negeri saja. Untuk itu, kami mempersiapkan tim untuk melakukan riset dan pengembangan ke beberapa negara, misalnya Filipina. Filipina dipilih karena jumlah penduduknya yang cukup banyak sehingga bisa memungkinkan untuk digarap. Sebelum melakukan ekspor, kami melakukan survei pasar, mempelajari perpajakan serta bea masuk. Setelah itu, mencari partner, melakukan registrasi produk, mengikuti serangkaian tes produk.

Ada berapa partner yang dijalin?

Kami hanya menjalin single partner. Dalam sebulan sekitar 10 ribu unit kompor dan 10 ribu unit selang dan regulator siap diekspor

Apakah bulan Ramadhan turut mendongkrak penjualan?

Justru tidak. Selama bulan Ramadhan trennya selalu menurun. Kenaikan terjadi dari bulan Januari-Juni, Juli akan anjlok, lalu naik kembali bulan Agustus.

Apakah perusahaan turut mengedukasi pasar sehingga bisa lebih mudah menarik konsumen?

Saat diadakan sosialisasi konversi LPG dari pemerintah, kami selalu dilibatkan untuk sosialisasi tersebut. Nama pertama yang selalu diajak untuk berbagai macam sosialisasi seperti ini adalah Aditec Cakrawiyasa.

Apakah ada ambisi melawan merek kompor gas dari Jepang tersebut?

Saya tidak terlalu berambisi besar apalagi menargetkan. Meski begitu, kami tetap menjaga posisi dan pangsa pasar agar stabil atau bisa naik. Kompetitor lainnya juga banyak, tapi kecil-kecil dan hanya menguasai 10% ke bawah, jauh tertinggal dari pangsa pasar yang kami dapat.

Adakah strategi khusus mempertahankan pangsa pasar?

Tidak ada. Kami tetap mengandalkan lima kunci keberhasilan yang disebutkan di atas.

Apa target perusahaan dalam waktu dekat ini?

Kami menargetkan bisa meningkatkan kapasitas produksi selang regulator naik 30%, sedangkan kompor gas naik menjadi 300 ribu unit setiap bulan. Tahun ini juga akan diluncurkan produk-produk baru seperti blender dll.

Seberapa besar pertumbuhan perusahaan?

Tiap tahun biasanya pertumbuhan mencapai 20%.

Target jangka panjang?

Kami berniat untuk melakukan initial public offering (IPO). Dua tahun lalu kami sebenarnya sudah mencanangkan hal tersebut, namun terkendala karena beberapa faktor salah satunya iklim politik. Yah, dua-tiga tahun ke depan sepertinya memungkinkan untuk mewujudkan keinginan tersebut (***).


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved