Marketing Strategy

Mazda Targetkan Penjualan 12.000 Unit di 2014

Oleh Admin
Mazda Targetkan Penjualan 12.000 Unit di 2014

PT Mazda Motor Indonesia (MMI) berhasil menutup tahun 2013 dengan catatan manis. Di sepanjang tahun lalu, Mazda mencetak angka penjualan sebesar 11.052 unit dengan tiga produknya yang paling diminati, yaitu Mazda CX-5, Mazda Biante, dan Mazda2.

Pertumbuhan tertinggi dicapai oleh All New Mazda6 sebesar 65 persen. Sementara Mazda Biante dan New Mazda CX-5 meraih posisi kedua dan ketiga di mana masing-masing tumbuh sebesar 57 persen dan 49 persen. Sementara itu, sejak pertama kali diluncurkan hingga Desember 2013, lebih dari 17.500 unit Mazda2 telah diterima oleh konsumen di Indonesia.

Dalam acara media gathering, di Jakarta, Kamis (23/1/2014), Keizo Okue, President Director PT Mazda Motor Indonesia, menyatakan, “Selaras dengan visi terdepan kami, Mazda telah tumbuh berkembang dengan sangat baik di beberapa tahun terakhir.”

mazda

Keizo pun mengemukakan, kunci utama dalam mengembangkan merek Mazda adalah layanan kepada pelanggan yang sempurna. Produsen mobil ini berusaha memerhatikan masukan dari para pelanggannya. “Mengubah masukan-masukan yang kami terima dari para pelanggan menjadi bentuk pelayanan yang terbaik sudah tentu menjadi tantangan tersendiri, karena itu kami di Mazda sungguh-sungguh mengeksplorasi segala bentuk inisiatif dan kegiatan yang dibutuhkan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan,” terang dia.

Untuk meningkatkan kualitas pelayanan sehingga bisa memuaskan pelanggan, Mazda sendiri telah melaksanakan beberapa kegiatan pemberdayaan dan pengembangan bagi seluruh karyawannya di tahun lalu. Seperti di bulan November, perusahaan asal Jepang ini mengadakan Indonesian Cup, sebuah kompetisi bagi para konsultan penjualan dan sales counter Mazda untuk mendorong mereka agar terus meningkatkan kemampuan penjualannya.

Selanjutnya, di bulan Desember, Mazda menyelenggarakan MAZTECH Mazda Technician and Service Advisor Contest, yakni kontes teknisi tahunan yang bertujuan mendorong para personil layanan purna jual Mazda untuk meningkatkan ketrampilan teknisnya. Tujuan utamanya adalah untuk mempromosikan Mazda Master Program sebagai sarana utama dalam mengembangkan pengetahuan teknis dan kemampuan para teknisi Mazda.

Dan, dalam JD Power Asia Pacific 2013 Customer Service Index Study Report, Mazda pun berhasil meraih peringkat empat. Penghargaan ini tentunya tak terpisahkan dari kegiatan pengembangan serta pemberdayaan karyawan.

Target Mazda di Tahun 2014

Di tahun ini, Mazda menetapkan target penjualan sebesar 12.000 unit. “Mazda memprediksikan bahwa di tahun 2014, industri otomotif Indonesia akan mencatat penjualan sekitar 1,2 juta unit dan Mazda berkeinginan untuk berkontribusi dalam merealisasikan pertumbuhan tersebut,” tutur Keizo.

Astrid Ariani Wijana, Senior Marketing Manager PT Mazda Motor Indonesia, optimistis target penjualan tersebut bisa dicapai. Ada sejumlah langkah yang bakal dijalankan demi mewujudkan hal itu. “Di kuartal kedua nanti, Mazda akan menjalankan brand campaign untuk meningkatkan brand awareness dari Mazda dan menetapkan Mazda sebagai brand yang unik dan premium di Indonesia. Hal ini akan memperkuat kesempatan Mazda untuk meraih konsumen-konsumen baru,” terang dia.

Mazda pun berusaha memperluas jaringan dealernya. Perusahaan berencana membuka tujuh dealer baru di tahun ini, sehingga total keseluruhan mencapai 46 dealer resmi di Indonesia. Mazda juga menargetkan untuk melaksanakan pembukaan MMI Parts Distribution Center (PDC) di bulan Februari mendatang. Pembukaan ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan dan ketersediaan suku cadang bagi para pelanggan.

“Seluruh inisiatif ini sejalan dengan fokus Mazda untuk meningkatkan brand image perusahaan dan juga melebarkan sayap Mazda di Indonesia. Hal ini juga merupakan bagian dari komitmen kami untuk mempermudah akses produk dan layanan kami, sehingga kepuasan pelanggan setia kami dapat terus ditingkatkan. Dan, sudah menjadi keinginan Mazda untuk terus menyuarakan semangat Zoom-Zoom dan berbagi pengalaman, serta perjalanan yang menyenangkan di tahun 2014 ini bagi seluruh pecinta otomotif di Indonesia,” tandas Astrid. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved