Marketing Strategy

Meizu Gandeng Blibli.com Garap Pasar Smartphone Indonesia

Meizu Gandeng Blibli.com Garap Pasar Smartphone Indonesia

Meizu yang diklaim.sebagai salah satu brand smartphone terbesar di negara asalnya Tiongkok, kini mengembangkan sayap ke Indonesia. Sudah menjadi pengetahuan umum, Indonesia adalah pasar paling besar di Asia Tenggara. Para produsen gadget pun berlomba membuka lapaknya di sini. Tetapi pasar yang besar itu letaknya tersebar di pulau-pulau besar dan kecil sehingga tidak mudah menggarapnya jika tidak didukung dengan logistik yang memadai.

Menghadapi tantangan tersebut maka Meizu menggandeng Blibli.com–salah satu mal online di Indonesia– untuk memasarkan smartphone keluaran baru dari Meizu yaitu Meizy M2. “Lewat blibli.com, produk kami jadi bisa dijangkau oleh calon pembeli dari seluruh Indonesia, karena mereka sudah punya sistem logistik yang memadai,” ujar Ramon Kwok, General Manager of Meizu Hong Kong.

Meizu dan blibli

Ramon optimistis produknya akan mendapatkan respon bagus di pasar Indonesia, pasalnya di Tiongkok, produk ini berhasil dijual hingga 2,8 juta unit hanya dalam waktu 24 jam.Sedangkan pihak Blibli.com sendiri, dalam hal ini Kusumo Hartanto, CEO Blibli.com, mengaku, membuka kerjasama dengan Meizu karena beberapa faktor. Di antaranya, nama besar Meizu yang sudah sukses di negara asalnya dan kedua adalah portofolio produk Meizu yang banyak sehingga akan membuka banyak pilihan bagi konsumen.

Blibli.com akan mulai memasarkan produk ini dengan strategi flash promo mulai tanggal 1-Okrober-2015 mendatang. Menurut Kusumo, strategi flash promo ini mampu mendongkrak penjualan 10-15%. “Kami sudah lakukan strategi yang sama pada beberapa brand kategori smartphone yang lain dan terbukti berhasil,” ujarnya.

Blibli.com sendiri memang mengandalkan penjualan smartphone sebagai tulang punggung bisnis e-commercenya, sekitar 40 % dari pendapatan penjualan blibli.com datang dari smartphone dan barang elektronik, bahkan smartphone menguasai 30 % sisanya adalah elektronik. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved