Marketing Strategy

Tren Baca Berubah, Gramedia Hadirkan Outlet Konsep Baru

Tren Baca Berubah, Gramedia Hadirkan Outlet Konsep Baru

Perubahan dalam gaya hidup tentunya dapat disiaati pasar melalui berbagai inovasi. Salah satunya dengan mengubah imej suatu brand. “Gramedia hadir dengan konsep dan gaya baru agar sesuai dengan perkembangan zaman,” ujar Yusuf Adityo, General Manager Corporate Secretary Kompas Gramedia.

IMG_20150509_145135

Perubahan ini menurutnya disesuaikan dengan pola hidup masyarakat.. “Orang zaman dulu menghabiskan waktu sekitar 38 menit hingga 1 jam untuk membaca buku. Pada saat ini, orang-orang hanya menghabiskan 5-15 menit untuk membaca buku. Melihat ini kami berpikir, baca buku boleh berkurang, tetapi toko buku Kompas Gramedia harus tetap ada,” lanjutnya lagi.

Oleh karena itu, toko buku Gramedia pun melakukan suatu strategi baru, salah satunya dengan meluncurkan toko buku dengan konsep baru. Strategi ini dilakukan di mall Central Park lantai 3. Luas toko yang mencapai 3.000 meterpersegi disulap dengan berbagai chamber atau ruangan dengan tema-tema yang berbeda.

Beberapa di antaranya dengan tema anak, wanita, peralatan tulis, olahraga, dll. Masing-masing tema tidak hanya berisikan buku tetapi juga berbagai peralatan yang mendukung tema tersebut. Menurut Niken Puspitasari General Manager Central Park, pengunjung yang datang pun semakin meningkat setelah renovasi.”Kami melakukan renovasi sejak bulan September hingga Maret. Pada bulan Maret sekitar 46%, lalu di bulan April naik hingga 60%,” ujarnya.

Bisa dipastikan setiap bulannya, ada sekitar 100.000 pengunjung yang datang ke toko buku ini. Kompas Gramedia juga meluncurkan website dengan tampilan baru dan tidak hanya menawarka buku melainkan juga peralatan tulis.

Selain itu, Gramedia book tab pun ikut diluncurkan sebagai salah satu strategi marketing Kompas Gramedia. “Gramedia book tab bekerja sama dengan Intel dikhususkan para pelajar. Kontennya bisa diisi dengan buku-buku pelajaran terbitan Kompas Gramedia, Gramedia book Tab ini juga merupakan buatan anak negeri,” ujar Adit seraya berpromosi.

Ke depannya, apabila animo masyarakat dirasakan cukup baik, konsep ini akan dikembangkan pada berbagai toko buku Kompas Gramedia. Pada saat ini toko buku Kompas Gramedia, yang berkonsep sama akan diluncurkan pada bulan Agustus 2015 di Bintaro. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved