Marketing Trends

Menggaet Pasar Middle Up Melalui Fashion Show

Menggaet Pasar Middle Up Melalui Fashion Show

Dunia fesyen tidak hanya diminati oleh kaum fesyen, tetapi berbagai industri lain yang bergerak di sekitarnya. Salah satunya adalah properti yang mengincar target market konsumen fesyen. “Masuk dalan dunia fesyen menjadi salah satu strategi dalam melakukan penetrasi pasar yang sesuai dengan target market produk kami,” jelas Rizkan firman, Corporate Marketing Manager PT Wika Realty.

Rizkan firman, Corporate Marketing Manager, PT Wika Realty (kedua dari kiri)

Rizkan firman, Corporate Marketing Manager, PT Wika Realty (kedua dari kiri)

Pada tahun ini, Wika Realty menjadi salah satu sponsor dalam fashion show desainer Anne Avanti di Jakarta Fashion Week 2017 yang bertemakan Jangi Janger. Menurut Anne Avantie, ia terinsipirasi dari kebudayaan Bali yang mampu menarik perhatian dunia, sehingga ke 50 karya yang ditampilkan memiliki ikatan yang kuat dengan budaya Bali. Karya-karya Anne Avantie ini teah dipamerkan di fashion show Jakarta Fashion Week 2017.

Selain melakukan kegiatan sponsorship dengan Wika Realty, Anne juga menggelar kegiatan sponsorship dengan hotel Rumah Luwih Bali. Hotel yang berlokasi di Gianyar, Bali, ini juga menjadi salah satu tempat photoshoot untuk beberapa karya terbaru desainer yang berfokus pada kebaya dan batik ini.

Bagi Rizkan, ikatan dengan Bali ini sesuai dengan salah satu produk yang pihaknya tawarkan yaitu brand Tamansari yang menyasar kelas menengah keatas dan high end yang juga membawa konsep Bali. Selain itu Anne Avantie juga memiliki visi dan misi yang sama dengan produk yang mereka tawarkan yang berfokus pada budaya lokal.

Ia juga tak ingin menutup kemungkinan untuk bekerja dengan para desainer pada skala yang lebih private. Tahun lalu Wika Realty juga melakukan kerjasama dengan desainer Yani Soemali dan Manjusha untuk koleksi terbaru mereka. Dari acara tersebut, ia mengaku bisa bertemu market yang sesuai dengan produk Wika Realty.

“Penetrasi paling penting adalah bisa mengumpulkan data dari pertemuan dengan konsumen fesyen show tersebut. Dalam penetrasi pasar middle up kami harus melakukan berbagai strategi yang tidak biasa dan menarik bagi konsumen” ujarnya lagi. Menurutnya fesyen show menjadi pintu pembuka mereka untuk masuk ke target market kelas menengah keatas. Dari situ mereka bisa melakukan berbagai perbincangan private dengan para konsumen mengenai produk.

Meskipun kerja sama kegiatan sponsorship sudah berjalan di tahun-tahun sebelumnya, namun pihaknya mulai berfokus dengan dunia fesyen dalam dua tahun terakhir. Sebelumnya bentuk kerja sama hanya sebatas tempelan banner dan belum ditindaklanjuti secara serius. Ia pun menolak menyebutkan tingkat kesuksesan strategi penetrasi pasar ini.

Menurutnya, kerja sama berfokus untuk mencari konsumen sebanyak mungkin dan sesuai dengan pasar yang mereka tawarkan. Strategi ini dilakukan sebagai bentuk dari strategi jangka menengah dan panjang. Selain itu, pihaknya juga masih melakukan berbagai evaluasi terhadap strategi ini.

Ke depannya, untuk memperluas pasar ia berharap agar bisa ikut dalam berbagai fesyen show atau kegiatan fesyen lainnya dengan jumlah yang lebih banyak. Dengan begitu pihaknya bisa melakukan penetrasi pasar yang lebh luas kedalam market yang tepat.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved