Marketing

Mercedes-Benz Gelar She's Mercedes Luncheon 2018

“Be bold for change” (berani untuk berubah) adalah motto dari Hari Perempuan Internasional. Tekad kuat tersebut juga mendorong para wanita penting yang hidup pada saat Mercedes-Benz pertama kali didirikan akhir abad ke-19 lalu. Berbekal sifat percaya diri dan tanggung jawab, mereka merupakan pionir mobilitas yang berhasil menentang perlawanan di masyarakat.

Nama Mercedes-Benz dapat ditelusuri dari kedua tokoh wanita berikut: Mercedes Jelinek, putri seorang pengusaha Austria yang merintis penjualan kendaraan Daimler pada tahun 1898, dan Berta Benz, yang melakukan perjalanan jarak jauh pertama dimasa awal kendaraan bermotor. Melalui inisiatif She’s Mercedes, Mercedes-Benz menggandeng Codeltra Asia menggelar acara She’s Mercedes Luncheon 2018 di Alto Restaurant and Bar, Four Seasons Hotel Jakarta, Rabu 28/3 lalu.

Menurut Roelof Lamberts, Presiden dan CEO PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI), kaum wanita adalah kelompok konsumen yang tumbuh paling cepat dan paling berpengaruh di dunia. “Tujuan kami adalah untuk menanggapi keinginan dan kebutuhan para wanita secara holistik – mulai dari penjualan, komunikasi hingga layanan. Dalam beberapa tahun mendatang, kami ingin menjadikan Mercedes-Benz sebagai merek mobil premium paling atraktif di dunia bagi kaum wanita serta meningkatkan proporsi pelanggan wanita kami,” katanya.

Fokus acara She’s Mercedes tersebut ditempatkan pada jaringan pemberdayaan wanita. Sherly Worth, Pendiri dan CEO Codeltra Asia mengatakan, pihaknya sangat senang dapat bermitra dengan Mercedes-Benz pada acara yang menyoroti pemberdayaan wanita ini. “Kami percaya bahwa kunci keberhasilan bagi wanita terletak dalam penggunaan soft skills yang kita semua kuasai, namun jarang sekali terpikirkan. Inisiatif She’s Mercedes ini menetapkan fondasi yang kuat dalam membangun sebuah jaringan,” ujarnya.

Platform inspirasi She’s Mercedes memungkinkan terjadinya komunikasi antar kaum wanita. Dengan mengadakan acara global dan kesempatan membangun sebuah jaringan, She’s Mercedes mengajak pertukaran pandangan dan informasi secara reguler. Melalui majalah dan juga jaringan She’s Mercedes, para wanita menarik dari beragam bidang dan sektor berbagi wawasan mengenai dunia kehidupan mereka serta mengundang adanya dialog. Kisah sukses dari bidang profesional dan pribadi mereka diharapkan akan menginspirasi banyak orang dalam memulai jalan kehidupan mereka sendiri.

Inisiatif ini telah mendapatkan respon yang luar biasa: lebih dari 5.000 wanita telah ikut serta dalam berbagai acara She’s Mercedes di seluruh dunia. Tahun lalu, Indonesia menjadi tuan rumah She’s Mercedes Golf Tournament ke-2. Turnamen golf bergengsi yang dimulai pada tahun 2016 ini merupakan yang pertama dalam segmen otomotif premium yang diperuntukkan bagi kaum wanita dengan latar belakang yang berbeda dari berbagai industri. Dengan dimulainya She’s Mercedes Ladies Golf Tournament, Mercedes-Benz Indonesia mempelopori penciptaan cara-cara unik dalam dunia olahraga dan rekreasi yang ditujukan khusus untuk menginspirasi dan menghubungkan wanita dari berbagai bidang dalam menunjukkan kemampuan terbaik mereka.

Daimler, perusahaan induk Mercedes-Benz, telah menetapkan sasaran peningkatan proporsi wanita dalam posisi manajemen hingga 20 persen pada tahun 2020. Persentase tersebut terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir dan saat ini telah mencapai lebih dari 15 persen. Bersama Renata Jungo Brüngger dan Britta Seeger, Daimler memiliki dua wanita yang duduk di Dewan Manajemen, setara dengan persentase wanita sebesar 25 persen. Manajemen keragaman telah tertanam kuat di dalam strategi perusahaan sejak tahun 2005 dan memberikan kontribusi yang menentukan bagi kesuksesan perusahaan. Daimler menekankan pentingnya tenaga kerja yang beragam serta memanfaatkan pengalaman, perspektif dan keterampilan yang berbeda. Manajemen keragaman yang aktif mencakup berbagai peluang kualifikasi, lokakarya dan acara yang diperuntukkan bagi kaum wanita namun juga bagi kaum pria, serta sejumlah program mentoring.

Sejak pertama didirikan, kaum wanita merupakan bagian dari kisah sukses mobilitas Mercedes-Benz dan juga memainkan peran fundamental dalam kelanjutan pengembangan merek tersebut – baik sebagai peneliti, pengembang, insinyur maupun pelanggan cerdas dengan keinginan individu yang mereka miliki. “She’s Mercedes adalah inisiatif merek pertama yang mendukung wanita modern dalam kehidupan profesional dan pribadi mereka. Saya senang melihat respon dan keterlibatan yang sungguh antusias dari para wanita inspiratif di seluruh Indonesia. Tahun ini, kami bermaksud untuk melanjutkan inisiatif kami, terutama melalui dialog dan terus mengembangkannya pada wadah jaringan terpilih. Ini merupakan sesuatu yang sangat saya tunggu-tunggu,” tambah Lamberts.

“She’s Mercedes” adalah sebuah inisiatif Mercedes-Benz yang ditujukan untuk mendukung kaum wanita melalui penargetan sebagai bagian dari strategi “Best Customer Strategy” yang telah berjalan sejak tahun 2015. Tujuan dari inisiatif ini adalah untuk membangun Mercedes-Benz sebagai merek otomotif premium paling atraktif bagi kaum wanita serta meningkatkan proporsi pelanggan wanita pada tahun 2020. Melalui platform inspirasi She’s Mercedes, Mercedes-Benz ikut serta dalam dialog yang lebih intensif dengan kaum wanita dan ingin meningkatkan relevansi merek mereka untuk grup target ini. Inisiatif holistik ini mencakup acara networking yang dapat ditemukan baik dalam platform Mercedes-Benz yang telah ada selama ini maupun yang baru, situs web dan komunitas online (www.mercedes.me/she) serta majalah. Selain itu, Mercedes-Benz bertujuan untuk menggunakan berbagai layanan dan penawaran mobilitas terbaru guna memenuhi kebutuhan mobilitas kaum wanita.

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved