Marketing Management Strategy

Ini Cara Indosat Menjaga Pelanggannya

Ini Cara Indosat Menjaga Pelanggannya

Persaingan di industri telekomunikasi kian ketat. Tak jalan lain, operator telepon seluler harus terus memperbaiki layanan agar tak ditinggalkan pelanggannya. Sejak dua tahun lalu, PT Indosat berupaya melakukan modernisasi jaringan, mengganti layanan data internet dari 2G menjadi 3 G. Modernisasi jaringan telah selesai dilakukan di 23 kota di dalam maupun luar Pulau Jawa, yaitu Jabodetabek, Bandung, Sukabumi, Semarang, Jogjakarta, Surabaya, Bali, Pekanbaru, Padang, Mataram, Palembang, Manado, Batam, Makasar, Medan, Lampung, Banjarmasin, Pontianak, Palangkaraya, Sampit, Sintang, Samarinda dan Balikpapan. Pelanggan Indosat kini bisa menikmati layanan data makin cepat, stabil, serta kualitas suara yang bersih. Uji coba layanan data dan suara dilakukan di beberapa kota besar yakni Makassar, Medan, Jakarta, Balikpapan, dan terakhir Lombok.

“Selama dua tahun ini, belanja modal untuk modernisasi jaringan di seluruh Indonesia mencapai Rp 15 triliun, sehingga rata-rata setahun kami mengeluarkan Rp 7,5 triliun,” kata Andromeda Tristanto, Division Head Investor Communications Indosat di sela acara Drive Test jaringan baru Indosat di Lombok, Kamis (23/4) malam.

Fuad Fachroeddin, Group Head Corporate Communications Indosat (kiri) dan Wasis Sulaiman, Head of Region East Java Bali Nusra (kanan) saat melepas Drive Test Jaringan Indosat di Lombok.

Fuad Fachroeddin, Group Head Corporate Communications Indosat (kiri) dan Wasis Sulaiman, Head of Region East Java Bali Nusra (kanan) saat melepas Drive Test Jaringan Indosat di Lombok.

Fuad Fachroeddin, Group Head Corporate Communication Indosat menjelaskan modernisasi jaringan dilakukan demi mewujudkan mimpi Indosat menjadi pemimpin penyediaan akses data di Tanah Air. Harapannya, jumlah pelanggan Indosat yang telah mencapai 63,2 juta di akhir tahun 2014 akan terus merangkak naik. Menurutnya, tren pengunaan data di Indosat meningkat luar biasa. Itulah kenapa perseroan melakukan mengganti jaringan 2G menjadi 3G demi memberi layanan data yang berkualitas. “Layanan suara dan SMS boleh dibilang tetap, sementara layanan data terus meningkat. Trennya memang kesana,” katanya.

Joko Riswadi, Division Head Network Optimization Indosat, menambahkan, berkat modernisasi jaringan, pelanggan kini bisa menikmati tontonan di Youtube tanpa terputus, download maupun upload data lebih cepat, serta koneksi stabil dan luas. Tak hanya kualitas data yang meningkat, kualitas suara pun jauh lebih jelas dan jernih lewat fitur HD Voice untuk 63,2 juta pelanggan Indosat di seluruh Indonesia.

Fitur HD Voice memungkinkan pelanggan Indosat mendapatkan pengalaman menikmati kualitas layanan suara yang lebih jernih, jelas dan seolah tanpa jarak saat melakukan panggilan dengan memanfaatkan layanan Indosat. “Upaya modernisasi jaringan adalah langkah fundamental yang sangat penting ke depan,” katanya.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved