Marketing Strategy

MPV Jadi Backbone, Toyata Cetak Penjualan 434.232 Mobil

Oleh Admin
MPV Jadi Backbone, Toyata Cetak Penjualan 434.232 Mobil

Toyota berhasil melewati tahun 2013 dengan membukukan rekor penjualan sebanyak 434.232 unit atau tumbuh 7,1% dibandingkan dengan 2012. Pencapaian ini salah satunya diraih berkat kinerja penjualan di segmen MPV.

Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor, Johnny Darmawan, menyebutkan tahun lalu merupakan salah satu tahun yang penuh tantangan, baik bagi pasar otomotif nasional maupun Toyota Indonesia.

Toyota

Hal itu dikarenakan adanya sejumlah faktor yang sempat dikhawatirkan dapat memengaruhi laju pertumbuhan, seperti kenaikan harga BBM, depresiasi nilai tukar rupiah, inflasi yang tinggi, kenaikan suku bunga BI, maupun wacana implementasi regulasi terkait PPnBM.

“Toyota bersyukur mampu melewati tahun lalu dengan pencapaian yang menggembirakan. Pada 2012, Toyota Indonesia untuk pertama kalinya mencetak rekor penjualan di atas 400.000 unit. Keberhasilan tersebut kembali tercapai pada 2013 dengan rekor penjualan baru, yakni di atas 430.000 unit,” ujar Johnny, hari ini.

Keberhasilan yang diraih Toyota sepanjang tahun lalu, menurutnya, tidak terlepas dari kepercayaan dan kesetiaan para pelanggan atas produk, teknologi, dan layanan yang selalu diutamakan Toyota, mulai dari pra jual hingga purna jual.

“Terima kasih kami sampaikan kepada para pelanggan setia Toyota. Kepercayaan dan kesetiaan ini akan menjadi pendorong bagi Toyota untuk terus melakukan perbaikan (continous improvement) terhadap produk teknologi, dan layanan kami di masa depan,” tuturnya.

Sepanjang 2013, Toyota mengalami pertumbuhan penjualan di segmen kendaraan penumpang. Pertumbuhan terbesar dicapai segmen compact car, berkat hadirnya line up baru Astra Toyota AGYA dan Etios Valco, melengkapi deretan varian compact car yang sudah ada sebelumnya yakni Toyota Yaris dan Prius.

Di segmen ini, total penjualan Toyota tercatat sebanyak 48.850 unit atau tumbuh 75,6% dibandingkan dengan 2012 sebanyak 27.811 unit. Pencapaian tersebut adalah berkat hadirnya dua line up produk baru yang diperkenalkan sepanjang 2013, yakni Toyota Etios Valco dan Astra Toyota AGYA.

Toyota Etios Valco yang diluncurkan pada Maret 2013, mencatatkan angka penjualan 12.747 unit sepanjang tahun lalu. Adapun, Astra Toyota AGYA yang baru dilncurkan secara resmi pada September 2013, membukukan total penjualan 22.376 unit.

Selain compact car, segmen kendaraan penumpang lainnya, yakni MPV, juga menorehkan pertumbuhan sepanjang tahun lalu. Segmen yang diwakili Avanza, Kijang Innova, NAV1, dan Alphard tersebut menguatkan posisinya sebagai tulang punggung penjualan.

Sepanjang tahun lalu, segmen ini membukukan angka penjualan total 281.741 unit atau tumbuh 5,6% dibandingkan dengan pencapaian pada 2012 sebanyak 266.705 unit. Khusus untuk Toyota Avanza, MPV ini kembali tercatat sebagai kontributor terbesar penjualan, yakni 213.458 unit atau tumbuh 11,1%dibandingkan dengan 2012 sebanyak 192.146 unit dan mencapai 49,15% dari total penjualan Toyota selama 2013.

Selain mencatatkan pertumbuhan di segmen kendaraan penumpang, penjualan di segmen komersial pada tahun lalu juga cukup menggembirakan. Segmen pick up yang diwakili Toyota Hilux tumbuh 12,3% dengan total penjualan 14.129 unit.

Adapun segmen commercial van yang diwakili oleh produk Toyota HiAce,membukukan penjualan total 680 unit atau tumbuh 21,4% dibandingkan dengan pencapaian pada tahun sebelumnya sebanyak 560 unit. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved