NHK Bersaing Lewat Teknologi Pinlock

Ajang Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2016, tampaknya dimanfaatkan oleh PT Danapersadaraya Motor Industry (DMI) --produsen helm lokal merek NHK, GM, VOG dan MAZ-- untuk memperkenalkan produk helm terbarunya. Tiga helm baru merek NHK yakni Bubble Carbon Custom Edition, NHK Cross One dan GM Evolution Pokemon.

Johannes Cokrodiharjo, Direktur Pemasaran DMI, dalam konferensi persnya mengatakan, helm baru tersebut didesain dengan mengikuti standar keamanan yang tinggi dan permintaan konsumen akan pelindung kepala yang berkualitas. Helm NHK Cross One, misalnya, dirancang  khusus untuk para petualang di medan offroad, crosser  dan  penggemar  motor trail.  Helm tipe ini sudah diluncurkan beberapa waktu lalu dengan warna polos dan tipe terbarunya didesain lebih menarik dengan penambahan berbagai macam grafis.  Helm ini  dibanderol dengan harga  Rp 950 ribu dan Rp 1 juta.

NHK Bubble Carbon Custom Limited Edition, adalah  helm klasik berbentuk retro cak. Helm ini dijual dengan harga Rp 900 ribu. Sedangkan yang model customized dihargai Rp 1,5 juta. Sedangkan Helm GM Pokemon, didesain dengan tema  dan brand yang cute untuk para pengendara motor penyuka gambar dan grafis. Dari bentuk, warna dan desain grafisnya, helm ini ditargetkan untuk wanita pengendara motor. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau Rp 250 ribu  untuk dewasa dan Rp 150 ribu untuk anak-anak.Helm NHK

Kompetisi helm di pasar domestik memang ketat. Puluhan pemain lokal bersaing untuk memperebutkan pasar yang memang menggiurkan seiring dengan pesat pasar penjualan motor yang mencapai 6 juta unit per tahunnya. Sejak 2009 lalu, di mana  helm lokal menguasai lebih dari 70% pangsa pasar, merek-merek seperti NHK, MDS, KYT,INK, AGV dan RSV adalah helm yang populer bagi para biker.  Selain pasar lokal, pasar ekspor pun juga dirambah seperti yang dilakukan oleh helm KYT yang mampu menembus pasar Thailand. Bahkan, helm ini tahun lalu dipakai oleh pembalap Ducati Andrea Ianone diajang balap moto GP.

DMI optimistis dengan helm terbarunya. Karena, selain desain, kualitas dan harga yang kompetitif, produk-produk helm NHK sekarang menggunakan teknologi anti kabut pada kaca helm yang bekerjasama dengan Pinlock, Belanda.

Pinlock,  memproduksi peralatan penepis embun di visor alias kaca helm, baik untuk helm tipe full face dan half face. "Kami merancang Pinlock dengan spesifikasi tipe economi. Jadi, harganya pun masih bersahabat. Ada beberapa tipe yang dikeluarkan," ujar Martin Boswijk, Manajer Pengembangan Bisnis Pinlock, saat hadir di sesi peluncuran helm NHK di Jakarta Fair 2016, Kemayoran, Jakarta Pusat, Juni lalu.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)