Pabrik Toyota Indonesia Terbaik Versi JMA

Pabrik bermutu akan menghasilkan produk yang berkualitas. Inilah yang dibuktikan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN). Deretan produknya berkelas dan telah diakui dunia. Toyota Indonesia menyabet penghargaan Good Factory Award dari Japan Management Association (JMA). Ini adalah penghargaan untuk perusahaan di Asia Pasifik yang senantiasa melakukan perbaikan dalam segi produktivitas dan kualitas.

”Kami sangat tersanjung telah dipercaya untuk menerima penghargaan Good Factory pada kategori Factory Management. Ini menjadi semangat kami untuk terus memberi yang terbaik bagi konsumen yang diproduksi dari fasilitas manufacturing berkualitas global,” kata Nandi Julyanto, Direktur Produksi dan Pabrik Karawang TMMIN dalam rilisnya.

all-new-sienta-4

Ada 3 kategori penilaian untuk Good Factory Award yaitu Monozukuri Process Award, Monozukuri People Development Award dan Monozukuri CSR Award. Toyota Indonesia memiliki nilai baik di ketiga kategori tersebut sehingga berhak memperoleh Factory Management Award. Mereka adalah satu-satunya perusahaan di luar Jepang yang meraih penghargaan di kategori ini.

Kategori Factory Management adalah pengakuan yang diberikan bagi perusahaan yang memiliki level manajemen yang tinggi serta berhasil meningkatkan produktivitas dan kualitasnya. Sukses Toyota Indonesia ini sekaligus melegitimasi kapabilitas industri Indonesia yang telah sejajar dengan negara maju seperti Jepang dan China.

Untuk kali pertama, Toyota Indonesia berpartisipasi dalam penghargaan Good Factory yang diikuti sekitar 4.000 perusahaan di Asia. Proses penilaian dimulai sejak bulan Desember tahun 2015 termasuk kegiatan audit secara langsung di pabrik Karawang.

Penghargaan Factory Management Award ini diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan tidak hanya di domestik namun termasuk pasar ekspor. Sukses mereka ini melengkapi keberhasilan meraih Penghargaan Primaniyarta di kategori Eksportir Berkinerja untuk ke-7 kalinya.

Toyota Indonesia memiliki 5 fasilitas manufaktur yang berlokasi di Sunter, Jakarta dan Karawang, Jawa Barat. Fasilitas-fasilitas ini memproduksi kendaraan secara utuh maupun terurai, mesin, komponen, serta alat bantu produksi untuk proses pengepresan (dies) dan pengelasan (jigs).

Proses manufaktur di TMMIN dilakukan secara utuh mencakup: Casting, Stamping, Welding, Assembly, dan Quality Control. Secara total, 9.500 karyawan terlibat dalam kegiatan produksi yang hasilnya adalah untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik dan ekspor.

Secara keseluruhan, TMMIN memproduksi 7 model kendaraan dan 2 model mesin. Kijang Innova, Fortuner, Etios, Vios, Limo, Yaris dan Sienta diproduksi di Pabrik Karawang 1 dan 2. Untuk mesin, TMMIN memproduksi 2 tipe yaitu NR yang diproduksi di pabrik baru Karawang 3 serta mesin TR yang diproduksi di pabrik Sunter 1 dan 2.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)