Pengaruh Kemenangan Marquez terhadap Honda

Sosok pembalap Repsol Honda Marc Marquez selalu tampil memukau di arena balap. Sejak tahun 2013, pembalap asal Spanyol ini membela tim Repsol Honda. Ia telah berhasil menjadi juara MotoGP sebanyak tiga kali yakni di tahun 2013, 2014, dan 2016. Prestasi Marc Marquez di pentas MotoGP juga memberi dampak positif untuk Astra Honda Motor (AHM).

20161025_110712_resized_resized_1

Agustinus Indraputra, Marketing Planning & Analysis Division AHM, menilai Marquez memiliki peran penting di tim Repsol Honda. Menurutnya, kemenangan pembalap berusia 23 tahun itu membawa dampak positif terhadap bisnis Honda. “Kemenangan Marquez di MotoGP tahun ini tentu berpengaruh besar terhadap brand image Honda. Begitu Marquez menang, brand image Honda naik,” ujarnya saat ditemui di Sirkuit Sentul oleh SWA online.

Kemenangan Marquez ini merupakan sebagai ajang pembuktian kualitas dan performa motor buatan Honda. Pengaruh positif ini akan berlangsung hingga jangka panjang karena melalui Marquez inilah brand Honda bisa tertanam di pikiran konsumen apalagi penggemar Marquez di Indonesia tidak sedikit.

Mengenai penjualan, Indra mengakui memang tidak secara langsung penjualan akan naik hingga 50% namun dampaknya tidak hanya terhadap produk motor racing saja namun berpengaruh kepada penjualan motor ke seluruh brand. “Penjualan naik, tertutama di racing namun hal ini juga membawa pengaruh ke seluruh brand,” katanya menjelaskan.

Hal ini juga diakui langsung oleh Johannes Loman selaku Executive Vice President Direktorat Astra Honda Motor. Marquez dinilai ikut berpengaruh dalam mendongkrak penjualan produk AHM di Indonesia. "Iya tentunya performa Marc Marquez di MotoGP memberikan pengaruh pada penjualan Honda. Bahkan sosoknya yang smart dan humble bisa menginspirasi banyak anak muda di Indonesia dan itu jadi keuntungan buat kami," ujarnya.

Indra berharap dengan kemenangan pembalap yang mendapatkan julukan “Baby Alien” ini masyarakat patut membeli kendaraan dari Honda karena sudah terbukti kualitasnya di tingkat dunia.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)