Perkuat Pasar, Dulux Bina Tukang Cat

Ketatnya persaingan bisnis cat di Indonesia menuntut sebagian perusahaan untuk berinovasi. Salah satunya PT ICI Paints Indonesia, produsen cat merek Dulux yang menyelenggarakan Painter Academy (PA). Program yang membidik tukang cat ini bertujuan untuk mengedukasi sekaligus memperkuat posisi Dulux di pasar domestik.

Ilustrasi Home Painting Service

PA memberikan pembelajaran dan pelatihan mulai dari kualitas cat yang baik, aman, hingga teknik mengecatan. Lulusan dari PA akan mendapat sertifikat dari Dulux. Saat ini PA sudah melahirkan puluhan tukang cat bersertifikasi yang tersebar di 3 kota.

“Mengecat bukan lagi urusan si pemilik rumah karena biasanya mereka mempekerjakan tukang cat. Tukang cat adalah salah satu profesional partners kami selain peritel. Untuk menciptakan brand experience, maka perlu pembinaan untuk mereka,” ungkap Mediko Azwar, Markerting General Manager ICI Paints Indonesia.

Mediko menjelaskan, setelah lulus dari PA, tukang cat bisa bergabung dengan Dulux. Caranya dengan mengambil bagian dari program pelayanan konsumen bernama Home Painting Service (HPS). HPS adalah inovasi baru dari Dulux untuk memuaskan pelanggan.

“Jika pemilik rumah tidak sempat mengecat ruangan dan ingin mendapatkan hasil yang terbaik, mereka bisa menghubungi costumer service kami. Lalu, kami akan menawarkan konsultasi secara gratis kepada pemilik rumah. Setelah itu, proses pengecatan bisa langsung dikerjakan oleh painter bersertifikat tersebut. Layanan ini hanya tersedia untuk daerah Jakarta dan Bandung,” ia menguraikan.

Ia mengklaim, program PA mendapat tanggapan positif dari pelanggan. Contohnya, banyak pelanggan yang terpuaskan dengan hasil pengecatan tukang cat bersertifikat. Layanan HPS pun kian ditingkatkan guna menjangkau konsumen lebih luas lagi.

Dulux adalah produk cat yang membidik kelas premium. Target pasar Dulux adalah konsumen ritel, serta residential dan komersial. Menurut Mediko, hingga saat ini kontribusi terbesar masih disumbangkan dari konsumen ritel. Dulux tersedia dalam 2,5 liter hingga 20 liter dengan harga Rp 108 ribu – Rp 140 ribu. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)