Perusahaan-Perusahaan Asuransi Bakal Launching Produk Khusus Banjir

Terinspirasi oleh banjir yang tiap tahun menghantam Jakarta, perusahaan-perusahaan asuransi kini bersiap melaunching produk khusus banjir.

Peluncuran ini dirasa mendesak karena pelaku industri asuransi melihat setiap risiko harus dihitung secara mandiri. Selama ini polis banjir sekedar perluasan dari polis kebakaran, kecelakaan dan force major. Dengan adanya produk asuransi khusus banjir, maka ke depannya risiko akan bencana alam ini bakal dihitung secara mandiri.

“Jangan sampai klaim banjir diambil dari klaim lain karena kurangnya mitigasi risiko, ini kan tidak sehat. Oleh karena itu, dibutuhkan data statistik dalam pembentukan polis ini segera,” ujar Ketua Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI), Kornelius Simanjuntak.

Selain untuk menghindari klaim banjir diambil dari klaim kebakaran, kecelakaan dan force major, produk khusus banjir perlu diluncurkan karena memiliki potensi yang besar.  AAUI memperkirakan akan terjadi peningkatan permintaan asuransi atas risiko banjir. Hal ini tumbuh dari kekhawatiran masyarakat akan kerugian properti dan kendaraan bermotor.

Kornelius mengatakan, produk asuransi khusus banjir ini sedang dalam tahap pemetaan dan perhitungan risiko banjir. “Segera setelah disetujui Otoritas Jasa Keuangan (OJK), produk baru ini akan dilaunching,” katanya.

PT Asuransi Maipark Indonesia bertindak sebagai perancang flood modeling untuk polis asuransi ini. Mereka merancang model seperti apa yang cocok untuk melindungi pemegang polis dari bencana banjir, termasuk harga polisnya. Rencananya flood modeling ini bakal selesai Maret 2013.

Sebagai catatan, produk asuransi khusus banjir ini belum ada dalam industri asuransi secara global. Sebelumnya, perusahaan asuransi di Indonesia juga membuat terobosan dengan membuat produk asuransi khusus gempa bumi. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)