Marketing Strategy

Pimpin Pasar City Car, Penjualan Honda Brio Tembus 10 Ribu Unit

Pimpin Pasar City Car, Penjualan Honda Brio Tembus 10 Ribu Unit

Sejak diluncurkan bulan Agustus 2012, dalam kurun waktu kurang dari setahun Honda Brio telah berhasil menguasai pangsa pasar city car Indonesia dan diprediksikan total penjualan akan menembus angka 10.000 unit sampai dengan bulan Maret 2013. Pada tahun 2013, Honda Brio telah terjual sebanyak 1.884 unit. Pada bulan Februari sendiri, Honda Brio terjual sebesar 1.440 unit dan menjadi pemimpin pasar di kelasnya dengan pangsa pasar sebesar 31%.

Sementara itu pada segmen SUV, All New Honda CR-V yang baru diluncurkan pada bulan September 2012 mendapatkan permintaan yang banyak dari konsumen sejak dipasarkan, hingga saat ini All New Honda CR-V terus memberikan kontribusi penjualan yang sangat tinggi terhadap Honda. Untuk bulan Februari 2013, All New Honda CR-V memberi kontribusi terbesar terhadap total penjualan Honda yaitu sebanyak 3.078 unit, meningkat dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang tercatat sebanyak 1.891 unit dan berhasil menjadi Pemimpin Pasar di kelas SUV dengan pangsa pasar 37%.

Untuk segmen hatchback, New Honda Jazz yang baru melakukan perubahan model di bulan Januari 2013 juga mendapatkan tanggapan yang sangat positif dari konsumen, sehingga pada bulan Februari ini berhasil mencapai angka penjualan hampir 3.000 unit (2.999 unit), meningkat dibanding bulan sebelumnya yang terjual 2.337 unit. Honda Jazz menjadi market leader di kelas hatchback dengan pangsa pasar sebesar 44%.

Di segmen MPV, Honda Freed menyumbang angka penjualan sebesar 832 unit selama bulan Februari 2013, menguasai pangsa pasar sebesar 7%. sementara Honda Odyssey memperoleh total penjualan sebanyak 28 unit pada bulan Februari lalu.

Angka penjualan yang baik juga terjadi di segmen sedan. Honda City meraih angka penjualan 573 unit di Februari 2013, setelah di bulan sebelumnya terjual 96 unit. Honda City berhasil menguasai 59% pangsa pasar mini sedan dan menjadi pemimpin pasar di kelasnya.

Sementara di kelas small sedan, Honda Civic terjual sebanyak 383 unit di bulan Februari 2013 dan menjadi Pemimpin Pasar di kelasnya dengan pangsa pasar sebesar 57%. Selanjutnya Honda Accord mencatat angka penjualan 91 unit di bulan Februari 2013 dan menguasai pangsa pasar 11% di kelas medium sedan.

Pada bulan Februari 2013, Honda juga mulai mengirim model terbaru, Honda CR-Z, yang telah dipasarkan semenjak kemunculannya pertama kali di dunia pada Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012. Di bulan pertamanya, Honda CR-Z mencatat angka penjualan sebanyak 105 unit dengan pangsa pasar 15% pada high segment.

“Setelah diluncurkan dalam kurun waktu kurang dari setahun, Honda Brio diperkirakan akan menembus angka 10.000 di bulan Maret 2013. Ini merupakan sebuah pencapaian yang sangat baik bagi sebuah produk baru dan sekaligus membuktikan bahwa Honda Brio merupakan produk terbaik yang menjadi pilihan utama konsumen Indonesia di kelas city car. Kami sangat berterima kasih kepada semua pelanggan yang telah memilih Honda sebagai pilihan utamanya.” ungkap Jonfis Fandy, Marketing & Aftersales Service Director PT Honda Prospect Motor.

Selain Honda Brio, produk-produk Honda lainnya juga turut memberikan kontribusi angka penjualan yang sangat baik di bulan Februari ini. Produk Honda yang menjadi pemimpin pasar selain Honda Brio antara lain: Honda Jazz, Honda CR-V, Honda City dan Honda Civic. Ini merupakan sebuah tanda yang baik dan kami yakin tahun 2013 akan menjadi tahun yang baik bagi Honda.

Di bulan kedua tahun 2013 ini, Honda berhasil menembus angka penjualan sebanyak 9.529 unit di seluruh Indonesia. Penjualan bulan Februari 2013 meningkat 66% dibanding dengan bulan Januari 2013 lalu, yang tercatat sebesar 5.746 unit. Saat ini, Honda telah terjual sebanyak 15.275 unit dan menguasai pangsa pasar otomotif sebesar 7.6% di seluruh Indonesia. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved