Prodia, Terus Berinovasi untuk Optimalkan Pengalaman Pelanggan

Indriyanti Rafi Sukmawati, Direktur Bisnis dan Pemasaran PT Prodia Widyahusada Tbk.
Indriyanti Rafi Sukmawati, Direktur Bisnis dan Pemasaran PT Prodia Widyahusada Tbk.

Pada survei Indonesia Customer Experience 2020 ini, Prodia mendapatkan skor tertinggi pada kategorinya, dalam hal kemampuannya memberikan pengalaman mengesankan kepada pelanggan. Perusahaan penyedia layanan cek kesehatan dan tes laboratorium ini memang terus berinovasi untuk memuaskan pelanggan agar semua pelanggan terus mendapatkan experience positif saat berhubungan dengan Prodia.

Kami selalu berusaha memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan dengan melihat apa yang menjadi kebutuhan pelanggan dan melakukan pendekatan emosional kepada pelanggan,” ungkap Indriyanti Rafi Sukmawati, Direktur Bisnis dan Pemasaran PT Prodia Widyahusada Tbk.

Karena selalu berusaha memberikan pengalaman yang menyenangkan, pelanggan pun semakin loyal dan dengan senang hati merekomendasikan Prodia kepada rekan dan kerabat. Jadi, di Prodia, upaya membangun pengalaman terbaik pelanggan itu dikembalikan kepada kebutuhan setiap pelanggan dengan cara melayani secara optimal.

Guna membangun pengalaman mengesankan itu, Prodia melakukan berbagai terobosan dan inovasi yang berbeda dengan pesaing. Contohnya, mengimplementasikan berbagai teknologi pelayanan kesehatan dan menciptakan transformasi digital untuk memudahkan pelanggan mengakses layanan.

Terobosan pelayanannya antara lain menyediakan pemeriksaan mutakhir berbasis gen guna mendukung personalize medicine. Prodia juga memenuhi kebutuhan pelanggan di masa pandemi dengan menghadirkan layanan telekonsultasi untuk memberikan kemudahan bagi pelanggan dalam berkonsultasi mengenai kondisi kesehatan melalui video call tanpa harus datang ke Prodia.

Bahkan, ada layanan Prodia In Your Car. Ini memungkinkan pengambilan sampel darah dilakukan tanpa pelanggan harus turun dari mobilnya. Jadi, tim Prodia yang aktif menjemputnya di mobil. Juga, layanan Home Service untuk pengambilan sampel di rumah pelanggan, hingga layanan e-Prodia untuk melakukan pemesanan, pembayaran, dan melihat hasil pemeriksaan secara online,“ Indriyanti menjelaskan, Berbagai layanan Prodia, katanya, bisa diakses secara online melalui web dan aplikasi.

Di saat pandemi ini, Prodia juga semakin aktif membuat solusi untuk memudahkan pelanggan mengakses pelayanan. Pelanggan tidak perlu cemas atau khawatir untuk datang ke cabang Prodia. Semua kliniknya sangat memprioritaskan keamanan, kesehatan, dan kenyamanan. Protokol kesehatan secara ketat dijalankan. Bahkan, apabila pelanggan berkeberatan untuk diambil darahnya di Prodia, tersedia layanan pengambilan sampel di rumah atau di dalam mobil di area parkir Prodia.

Di luar itu, demi membangun kedekatan emosional, Prodia rajin menjalankan win-back program untuk pelanggan. Misalya, memberikan keringanan biaya di momen-momen penting pelanggan, antara lain saat ulang tahun.

Kini Prodia telah mengoperasikan jejaring layanan sebanyak 263 gerai, yang berlokasi di 34 provinsi dan 127 kota di Indonesia. Beberapa di antaranya merupakan Prodia Health Care, layanan wellness clinics berbasis personalized medicine serta specialty clinics yang terdiri dari Prodia Children’s Health Centre, Prodia Women’s Health Centre, dan Prodia Senior Health Centre.

Selain jejaring tersebut, Prodia juga memiliki contact centre sebagai pusat informasi terkait layanan Prodia dan asisten pribadi virtual berbasis online, Tanya Prodia (TANIA). Pada 2019 Prodia berhasil meningkatkan pangsa pasarnya menjadi 39,2% di kategori lab independen.

Yang menarik, seiring tingginya permintaan pemeriksaan Covid-19, Prodia terus memperbesar kapasitas pemeriksaan SARS-CoV-2 RNA (RT-PCR Covid-19) dengan menggunakan alat fully automated Cobas 6800 System. Dengan Cobas 6800 di Laboratorium Pusat Rujukan Nasional, Prodia (Jakarta) mampu melakukan pemeriksaan RT-PCR Covid-19 hingga 2.000 tes per hari.

Kami juga menempatkan alat fully automated untuk pemeriksaan RT-PCR Covid-19 di tiga lab rujukan regional Prodia, yaitu di Surabaya, Medan, dan Makassar,” kata Indriyanti. Ia menegaskan, saat ini Prodia merupakan lab kesehatan swasta pertama di Indonesia yang menggunakan alat otomatis penuh Cobas 6800. Tentu saja, itu semua agar Prodia mampu memberikan kepuasan dan pengalaman yang maksimal kepada spelanggan. (*)

Sudarmadi & Arie Liliyah

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)