Marketing

Produk Baru Dorong Penjualan Lexus Dobel

Oleh Admin
Produk Baru Dorong Penjualan Lexus Dobel

Penjualan mobil premium Lexus di Indonesia pada tahun ini meningkat lebih dari 100 persen. Pada periode Januari – November tahun lalu penjualan Lexus hanya mencapai 630 unit, di periode yang sama tahun ini, Lexus berhasil menjual 1.000 unit kendaraan.

“Ini hasil yang cukup baik yang ditunjang beberapa produk baru kami,” kata General Manager Lexus Indonesia Adrian Tirtadjaja di Jakarta.

Lexus RC F GT3 (sumber foto: lexus-int.com)

Lexus RC F GT3 (sumber foto: lexus-int.com)

Pada 2015 dan 2016, Lexus memang meluncurkan sejumlah produk baru di semen sport utility vehicle (SUV), yakni NX dan RX. Ini menambah lini produk SUV yang semula hanya diisi LX 570. “Tiga produk ini jadi favorit konsumen di Indonesia.”

Kehadiran produk baru ini, ujar Adrian, turut mengubah komposisi penjualan Lexus yang semula didominasi produk sedan. Jika sebelumnya penjualan sedan mencapai 80 persen dari total penjualan, kata dia, maka kini komposisinya berubah. “SUV sekarang 45 persen, sedan 55 persen.”

Agen pemegang merek mobil mewah optimistis penjualan pada tahun depan bisa tumbuh lebih baik dibanding tahun ini. Kepala Eksekutif Mercedes-Benz Distribution Indonesia, Roelof Lamberts, mengatakan faktor pendorongnya ialah kehadiran sejumlah produk baru pada tahun ini. “Model-model baru yang diluncurkan tahun ini bisa mendorong minat konsumen,” kata dia,

Optimisme itu, kata Roelof, juga tecermin dari pertumbuhan penjualan mobil nasional yang hingga Oktober ini lebih baik dibanding periode yang sama tahun lalu. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, penjualan mobil hingga bulan ke sepuluh tahun ini mencapai 874.847 alias naik 2,5 persen dari 853.089 unit pada periode yang sama tahun lalu. “Kondisi perekonomian membaik.”

Di segmen premium, penjualan produk terbilang stabil, meski turun tipis. Di kelas sedan, misalnya, pada periode Januari-Oktober 2015, penjualannya mencapai 1.687 unit. Pada tahun ini, penjualan sedan mewah mencapai 1.284 unit. Adapun penjualan seluruh segmen di kelas premium masih dikuasai Mercedes. Hingga Oktober, mereka sudah menjual 3.363 kendaraan, diikuti BMW (1.960 unit) dan Lexus (961 unit).

Tempo


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved