Marketing Trends

Produsen Cokelat dan UMKM Berkolaborasi Dongkrak Jenama Lokal

Makanan berbasis cokelat. (Ilustrasi foto : Istimewa)

PT Gandum Mas Kencana (GMK), produsen cokelat Colatta, meluncurkan program #JualanLokal untuk menyokong usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dan upaya pemerintah memulihkan perekonomian nasional di masa pandemi Covid-19. Sri Utami, Marketing Manager Gandum Mas Kencana, mengatakan peran UMKM terbukti sangat besar bagi perekonomian nasional. “Dengan kondisi turunnya daya beli masyarakat dan terbatasnya aktivitas karena PPKM tentu sangat berdampak terhadap kondisi penjualan para UMKM. Colatta berupaya untuk menstimulus penjualan melalui support promo dan pemanfaatan media online untuk mengedukasi customer agar mereka tertarik untuk membeli produk unggulan para UMKM,” ungkap Sri dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (20/8/2021).

Program #JualanLokal ini diharapkan menciptakan kolaborasi antara Colatta dan UMKM dengan menitikberatkan pada kreativitas dan kebanggaan terhadap buatan lokal. Dalam kolaborasi ini Colatta membantu meningkatkan exposure terhadap jenama lokal produk UMKM melalui promosi di sosial media Colatta. Program ini juga akan melibatkan sejumlah influencer untuk mempromosikan nilai kebaikan (good value)dari beragam produk unggulan UMKM tersebut.

Dengan membawa kebanggaan sebagai produk lokal, Colatta yang memiliki segmen pasar domestik dan export ini berupaya membangkitkan semangat para penggiat UMKM dengan memberi dukungan penuh dalam upaya mengembangkan bisnis makanan di Indonesia di tengah gempuran second wave Covid-19. Sebagai produk buatan Indonesia, melalui program ini Colatta merasa perlu agar UMKM produsen makanan juga merasa bangga terhadap produk lokal mereka.

Rangkaian program local support local yang telah dimulai sejak Agustus ini dilaksanakan berkelanjutan di berbagai aktivitas #JualanLokal di kegiatan pemasaran di media sosial Bertepatan dengan hari UMKM Nasional yang telah berlangsung pada 12 Agustus lalu, Colatta berkolaborasi dan bekerja sama dengan jenama lokal lainnya. “Local support local adalah salah satu tujuan kami agar ekosistem bisnis dapat tumbuh bersama dalam situasi pandemi seperti saat ini,” papar Sri Utami.

Colatta memberikan kesempatan besar kepada para UMKM terpilih untuk bergabung dan berkolaborasi bersama menciptakan kreasi dan inovasi seputar makanan yang unik. Kuncinya adalah di kreativitas. Harapan dari program ini adalah membangkitkan kebanggaan dan percaya dirinya produk local, sekaligus mendorong konsumen untuk membeli produk lokal. Sehingga ekonomi Indonesia dapat segera bangkit. GMK meyakini kolaborasi ini berdampak positif terhadap perkembangan jenama lokal. “Salah satu cara meringankan beban adalah saling membantu. Pandemi tidak bisa kita hindari, pada akhirnya yang bisa kita lakukan adalah saling mendukung, stay healthy and happy,” jelasnya.

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved