Marketing Strategy

Promosi McDonald’s Ajak Nonton Olimpiade 2016

ki-ka: Sutji Lantyka, Associate Director of Communication dan Caroline Kurniadjaja, Associate Director of Marketing McDonald's Indonesia

ki-ka: Sutji Lantyka, Associate Director of Communication dan Caroline Kurniadjaja, Associate Director of Marketing McDonald’s Indonesia

Dunia anak-anak adalah bermain. Namun main dalam arti sesungguhnya bagi anak-anak saat ini makin berkurang dari aktifitas bermain di luar ruang. Gadget dan dunia digital membuat anak-anak enggan melakukannya. Padahal bermain di luar ruang itu penting bagi tumbuh kembang anak dan dapat membentuk mental juara. Ini disadari McDonald’s hingga jaringan resto cepat saji ini secara rutin mengadakan kampanye Champions of Play.

Kampanye ini bertujuan untuk mengajak dan mendorong anak-anak serta orang tua mereka yang menemani bermain dan kegiatan luar ruang. “Kami meyakini bermain dan beraktivitas di laur ruang akan membuat anak tumbuh lebih sehat, kuat dan cerita,” tutur Caroline Kurniadjaja, Associate Director of Marketing McDonald’s Indonesia. Disebut Caroline, tahun ini adalah tahun keempat McDonald’s Indonesia menyelenggarakan kampanye Champions of Play.

Dan tahun ini lebih istimewa karena di akhir program untuk pertama kalinya McDonald’s akan memilih dua anak Indonesia (satu laki-laki dan satu perempuan), untuk menjadi wakil Indonesia berpartisipasi dalam upacara pembukaan Olimpade Rio 2016 di Brazil pada 5 Agustus mendatang. Mereka akan bergabung dengan 100 anak-anak berusia 8-11 tahun dari negara lain di seluruh dunia guna memeriahkan upacara pembukaan Olimpiade yang diadakan di Stadion Maracana, Rio de Janeiro.

Para duta McDonald’s ini akan bergabung dengan para juara Olimpiade sebelumnya beserta anak-anak mereka, seperti pesenam Amerika Bart Conner dan Nadia Comaneci beserta putra mereka yang berusia 9 tahun, perenang Amerika Dara Rorres dan putrinya yang berusia 9 tahun, pesebakbola perempuan Amerika Julie Froudy beserta putrid an putranya, serta para juara Olimpiade dari Australia, Brazil dan Jepang didampingi anak-anak mereka.

Kampanye Champions of Play serentak digelar per 18 Maret 2016, melalui McDonald’s Red Ball yaitu meluncurkan Red Ball, bola merah dengan desain Olimpiade 2016 yang dapat dimiliki anak-anak dengan membeli seharga Rp 40.909 (belum termasuk pajak) disertai dengan pembelian Happy Meal, atau Rp 50 ribu (belum termasuk pajak) disertai dengan pembelian produk McDonald’s lainnya. McDonald’s Indonesia menyediakan 40 ribu red ball tahun ini untuk program ini.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang hanya memberikan hadiah bagi pemenang berupa liburan atau mainan, tapi kali ini dengan kompetisi digital Champions of Play, McDonald’s Indonesia juga mencari dua orang anak Indonesia yang akan mengikuti upacara pembukaan Olimpiade Rio 2016. “Up load video anak yang sedang bermain bola, tidak harus ditendang, pokoknya bermain di luar ruang dengan bola, dan menceritakan alasannya ingin menjadi duta cilik Indonesia di pembukaan Olimpiade,” ujar Caroline.

Sebagai acara puncak kampanye Champions of Play ini, McDonald’s mengadakan program Yuk Main di Olympic Playground. Di sini, anak-anak bisa bermain di beberapa area bermain fisik seluas 300 m2 yang dibangun McDonald’s di Mall Kota Kasablanka, Jakarta. Keduapuluh finalis duta cilik ini akan berkompetisi di arena Olympic Playground ini setelah melewati masa karantina yang dilakukan pada tanggal 21 Mei agar bisa mengikuti puncak seleksi pada 22 Mei 2016.

Para finalis ini akan melewati tahapan inverview dan penjurian yang akan dilakukan oleh para juri yang terdiri dari Taufik Hidayat (pebulutangkis dan peraih medali emas di Olimpiade Athena 2004), play therapist dan public speaker. Dua pemenang yang terpilih berhak didampingi satu orang tua atau wali untuk pergi ke Rio de Janeiro dengan tiket gratis pulang pergi dari McDonald’s, plus akomodasi 4 hari 3 malam di hotel berbintang dan uang sakit. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved