Pusat Perbelanjaan di Cibinong Bidik 7 Juta Pengunjung

Cibinong City Mall bidik 7 juta pengunjung di tahun 2018. (Foto : Instagram CCM).

PT Puri Wahid Pratama (PWP), perusahaan properti yang memiliki Cibinong City Mall (CCM), menggelar program acara kreatif dan inovatif untuk menyedot animo pengunjung serta memacu transaksi belanja pengunjung di CCM.

PWP  menargetkan jumlah pengunjung CCM pada 2018 akan mencapai 7 juta orang, atau naik 16% dari jumlah kunjungan di tahun 2017 sebanyak 7 juta pengunjung. Target pengunjung di tahun depan itu diharapkan bisa mengerek bisnis ritel para tenan yang menyewa area belanja di CMM. Jumlah okupansi tenan di CCM sudah mencapai 98% sehingga area sewa di pusat perbelanjaan ini nyaris terpenuhi.

Hal ini disampaikan Yunati Alinda, Public & Media Relation CCM mengenai kiat PWP mengembangkan roda bisnis ritel di tengah-tengah pelemahan bisnis ritel yang akhir-akhir ini dikabarkan lesu "Optimisme kami itu karena beberapa faktor, yakni kawasan Cibinong dan sekitarnya tumbuh pesat sebagai kawasan pemukiman dan pusat industri, daya beli konsumen masih terjaga baik, serta pertumbuhan transaksi anggota CCM yang berbelanja di tenan," jelas Yunati saat dijumpai SWAonline di Cibinong City Mall, Cibinong, Bogor, Jawa Barat, pada Selasa (5/12/2017).  Populasi penduduk Cibinong sekitar 3,4 juta jiwa dan sekitar 2.500 sentra industri ini berpotensi besar menggenjot bisnis ritel.

Kepercayaan diri PWP menghadapi dinamika bisnis ritel yang cenderung melambat ini juga direspon manajemen dengan menghadirkan program pemasaran dan promosi yang kreatif dan inovatif guna menyedot pengunjung sebanyak-banyaknya. Contohnya, kata Yunati, program Galaxy Ice yang berkontribusi sebesar 10-15% terhadap jumlah total pengunjung CMM tiap tahunnya itu. Galaxy Ice merupakan program rutin yang diselenggarakan setiap tahun. Ini merupakan wahana ice skating yang digelar sejak 1 Desember 2017 hingga 7 Januari 2018. "Galaxy Ice merupakan wahana berseluncur es yang pertama dan satu-satunya di Kabupaten Bogor," klaim Yunati. Galaxy Ice diadakan sejak tahun 2014 di CCM. Program itu, kali ini, menghadirkan pesohor di media sosial (selebgram/selebriti Instagram) demi menarik perhatian kaum remaja,

Kehadiran tenan yang beragam dan lengkap, antara lain tenan kuliner, fesyen hingga hiburan, direspon manajemen PWP dengan menyediakan program untuk mempertebal loyalitas pengunjung. Mereka sejak tahun 2015 menawarkan kartu keanggotaan CCM kepada pengunjung dan undian berhadiah mobil tiap tahunnya. "Jumlah member kami sekitar 7.700 orang dan nilai transaksi anggota CCM yang kami pantau dari aktivitas belanja mereka itu tumbuh sekitar 20% hingga 30% per tahun," ucap Yunati.

Menengok data itu, optimisme PWP cukup logis lantaran daya beli konsumen di CMM kian meningkat dari tahun ke tahun. Hanya saja, manajemen tidak boleh lengah agar tidak terperosok seperti pusat perbelanjaan lainnya yang pengunjungnya sepi atau tenannya menutup gerai. "Segmen konsumen kami ini adalah konsumen segmen medium hingga premium. Jadi, kami tiap tahun mengadakan program baru, misalnya di tahun ini mengadakan Bogor Model Star dan lomba menyanyi, City Mal Rising Star untuk yang pertamakalinya," ungkap Yunati yang berkarier di CCM sejak tahun 2014 silam. Tim pemasaran aktif menggaungkan promosi tenan-tenan di CCM.

Adapun, PWP adalah pengembang properti yang berasal dari Salatiga, Jawa Tengah. Perusahaan ini didirikan oleh Sugiharto Husodo lebih dari dua dekade yang lalu. Perusahaan ini menggarap beberapa proyek residensial dan hotel di Jawa Tengah, di antaranyaHotel Grand Wahid, Salatiga.  Denny Putra Husodo, komisaris PWP adalah anak Sugiharto. PWP mengembangkan sayap bisnisnya hingga kawasan Cibinong. "Pak Sugiharto adalah pengusaha yang visioner dengan membangun mal di Cibinong. Dulunya, kawasan ini lahan kosong. Sekarang menjadi pusat perbelanjaan yang berdampak ke perekonomian di sekitar daerah ini. Dan, rencananya kami akan membangun hotel di sebelah barat Cibinong City Mal," tambah Yunati. PWP memiliki cadangan lahan yang akan dibangun hotel bintang 4. Rencana ini, lanjut Yunati, masih dalam tahap pengkajian dan pematangan rencana pembangunan. (*)

www.Swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)