Marketing Strategy

Honda Jazz: Raja Sirkuit, Raja Modifikasi

Honda Jazz: Raja Sirkuit, Raja Modifikasi

“Peran aktif Honda Jazz menggelar lomba Honda Jazz Speed Challenge akan mendorong tumbuhnya pembalap bibit-bibit baru. Apalagi Honda Jazz jagonya di arena sirkuit,” ujar Alvin Bahar, pembalap master sekaligus juara tiga kali Indonesian Grand Touringcar Championship.

Ketangguhan Honda Jazz dalam berlaga di medan balap pun diakui oleh pembalap Hari Darma. “Selain bentuknya yang sporty, untuk New Honda Jazz juga memiliki performa mesin i-VTEC 1.5 liter bertenaga 120 PS dan 6.600 rpm merupakan terbesar di kelasnya. Gesit dan irit,” klaim Hari di sela-sela acara launching New Honda Jazz 2013 beberapa waktu lalu.

Honda Jazz, Mobil Andalan Pembalap

Jonfis Fandy, Marketing and After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor (HPM), menjelaskan, pada setiap musim balap Honda Jazz Speed Challenge selalu akan menyuguhkan lomba yang seru di tiap serinya. Sebab, kemampuan balap yang semakin meningkat dan merata dari para pembalap, serta didukung karakter sporty dari Honda Jazz dan performa mesin i-VTEC yang bertenaga optimal.

“Banyak pembalap di ajang Honda Jazz Speed Challenge yang sudah semakin berpengalaman dan mengenal sirkuit dengan baik, sehingga persaingan akan semakin ketat. Sementara itu, para pembalap baru akan menyuguhkan penyegaran dan menjadi bukti bahwa ajang ini mendorong munculnya pembalap nasional baru,” tambah Jonfis.

Ya, boleh dibilang Honda Jazz adalah mobilnya pembalap. Modelnya yang sub-compact, lincah dan gesit untuk dikendarai dengan kencang ataupun menelikung. Tak kalah pentingnya soal safety yang menjadi keunggulan mobil hatchback ini. Perangkat keselamatan aktif yang berfungsi mencegah kecelakaan pada New Honda Jazz misalnya, meliputi desain pilar A yang tipis, quarter window, spion yang lapang serta headrest belakang yang tidak menghalangi pandangan berguna untuk mengoptimalkan visibilitas saat berkendara.

Sementara itu, sistem pengereman Honda Jazz dengan teknologi Anti-Lock Breaking System (ABS) berfungsi mencegah roda terkunci saat pengereman dan Electronic Brake-force Distribution (EBD) berguna mendistribusikan beban, sehingga pengereman lebih efektif.

Jika tabrakan tidak bisa dihindari, berbagai perangkat keselamatan pasif tersedia untuk melindungi pengemudi dan seluruh penumpang dari cedera yang lebih parah. Rangka Honda Jazz menggunakan teknologi G-CON + ACE untuk melindungi kabin dari kerusakan parah. Sabuk pengaman dengan teknologi 3-point ELR, Pretensioner dan Load Limiter menahan pengemudi dan penumpang depan pada kursinya sekaligus mencegah tekanan berlebihan pada bagian dada. Sedangkan Dual SRS Airbag (pada tipe RS) melindungi dari benturan dan mengurangi cedera di bagian kepala.

Bahkan, untuk keselamatan pejalan kali juga diperhatikan dengan menerapkan desain body yang dapat meminimalisir cedera pada pejalan kaki apabila terjadi musibah tabrakan.

Tidak bisa dipungkiri keunggulan Honda Jazz terlihat dari berbagai ajang yang diikutinya di Tanah Air. Di ajang Honda Jazz Speed Challenge, partisipasi Honda Jazz sudah memasuki musim ke-7 dan Honda Jazz mendominasi gelar juara 7 tahun berturut-turut penyelenggaraan Indonesia Super Production.

Honda Jazz tidak hanya menonjol di laga sirkuit. Di pentas modifikasi pun, mobil debutan HPM ini membuat decak kagum para maniak modifikasi mobil. Berbagai model hasil modifikasi mencerminkan kreativitas si ‘tukang reparasi’ dan keunggulan fitur maupun desain Honda Jazz itu sendiri. Setelah tren modifikasi bergaya elegan menjamur, kini giliran street racing style merajai jalanan.

Namun, siapa bilang modifikasi mobil hanya diminati orang dewasa? Anak-anak pun gandrung minta di ‘otak atik’ mobil pribadinya. Memang, anak-anak belum dapat ‘nyetir’ mobil, tapi mereka pun punya banyak ide atau keinginan untuk mewujudkan tongkrongan mobil yang diidamkan.

Demam Modifikasi Honda Jazz pun melanda anak-anak, dengan tema Hello Kitty

Adalah Noor Haliza, bocah cewek 7 tahun yang memiliki mobil Honda Jazz bergaya Hello Kitty. Konsep mobil ini sengaja memilih gaya girly yang dikombinasikan dengan tema tokoh film kartun Hello Kitty, karena sang orangtua sadar betul bahwa buah hatinya hobi mengoleksi pernak pernik Hello Kitty. Alhasil, nuansa pink menyolok mulai dari jok, doortrim, plafon, karpet dasar, stir, dashboard, konsol tengah sampai lingkar kemudi. Butuh waktu sekitar 5 hari untuk ‘mendandani’ mobil yang cantik itu. Kerja keras ini tidak sia-sia lantaran Honda Jazz milik Haliza diganjar penghargaan “Best Airbrush” di Honda Jazz Tuning Contest 8.

Tak hanya dominan di sisi penjualan, Honda Jazz juga merajai berbagai aktivitas yang diikutinya, yang berhubungan dengan karakter mobil serta profil konsumennya. Aktivitas Honda Jazz di Indonesia terbagi menjadi tiga bagian besar. Pertama, Racing. Kegiatannya ada dua One Make Race – Honda Jazz Speed Challenge, yang dilakukan sejak tahun 2006-sekarang dan Kejuaraan Nasional Indonesian Super Production sejak tahun 2006-sekarang

Kegiatan kedua: Modification. Bentuknya, melalui kegiatan Honda Jazz Tuning Contest sejak tahun 2005-sekarang

Kegiatan ketiga: Youngsters. Honda Jazz Stars sebagai ajang pencarian bakat anak muda Indonesia untuk menjadi duta Honda Jazz mulai tahun 2007, 2008, dan 2010.

Lantas, apa saja aktivitas detail Honda Jazz di Indonesia – Racing? Menurut Jonfis, ada banyak kegiatan. Pertama, Honda Jazz menjadi pelopor ajang balap One Make Race di Indonesia lewat Honda Jazz Speed Challenge sejak 2006 hingga sekarang. Melalui ajang balap Honda Jazz Speed Challenge, Honda Jazz menjadi satu-satunya model yang konsisten mengisi kegiatan balap nasional sejak 2006 hingga sekarang.

Melibatkan banyak pembalap baru di kelas rookie dan rising star, Honda Jazz Speed Challenge sudah menjadi salah satu agenda balap nasional setiap tahunnya yang telah melahirkan banyak pembalap muda berbakat.

Selain itu, turun dalam ajang One Make Race, Honda Jazz juga banyak dipilih oleh para pembalap yang berlaga di Kejuaraan Nasional (Indonesian Super Production) sejak 2006 hingga sekarang.

Pun, Honda Jazz telah menunjukkan dominasinya dengan menjadi mobil yang digunakan para juara umum selama tujuh musim berturut-turut di Kejuaraan Nasional Indonesian Super Production.

Bukan hanya dari dominasi di podium, namun pembalap yang menggunakan Honda Jazz di Indonesia Super Production semakin bertambah jumlahnya, bahkan hampir seluruh pembalap yang turun di ajang ISP menggunakan Honda Jazz.

Honda Jazz juga banyak digunakan para pembalap independen di ajang balap Slalom dan juga sudah menghasilkan banyak prestasi dari ajang balap tersebut.“Honda Jazz tidak sekadar menjual produk-produk baru, tapi juga kami berikan fitur-fitur yang menarik. Dan Jazz sudah terbukti baik di lintasan balap, slalom, dan sering menang di ajang modifikasi,” klaim Jonfis dengan bangga.

Daftar Pemenang Honda Jazz Speed Challenge (2006-2012):

Tahun 2006 Dandy Rukmana dari tim Honda Fastron Racing

Tahun 2007 Chandra Alim dari tim Honda Bandung Center

Tahun 2008 Sunny TS dari tim Honda Jakarta Center

Tahun 2009 Rama Danindro dari tim Honda Jakarta Center

Tahun 2010 Roy Haryanto dari tim Honda Surabaya Center

Tahun 2011 Hafizh Boutros dari tim Honda Jakarta Center

Tahun 2012 Roy Haryanto dari tim Honda Surabaya Center

Daftar Pemenang ISP yang menggunakan Honda Jazz (2006-2012):

Tahun 2006 Alvin Bahar dari tim Honda Fastron Racing

Tahun 2007 Alvin Bahar dari tim Honda Fastron Racing

Tahun 2008 Alvin Bahar dari tim Honda Fastron Racing

Tahun 2009 Rama Danindro dari tim Honda Jakarta Center

Tahun 2010 Roy Haryanto dari tim Honda Surabaya Center

Tahun 2011 Hari Darma dari tim Honda Jakarta Center

Tahun 2012 Roy Haryanto dari tim Honda Surabaya Center

Keberhasilan Honda Jazz sebagai jagoan sirkuit dan modifikasi, hal ini tidak bisa dilepaskan dari sejarah perjalanan Honda Jazz di Indonesia. Sejak diluncurkan di Indonesia pada 19 Februari 2004, mobil hatcbcak ini telah mencuri perhatian masyarakat, khususnya penggemar mobil.

Bahkan, selama lima tahun terakhir, mobil hatchback kembali jadi primadona. Kehadiran Honda Jazz tahun 2004 seperti mengobati kerinduan konsumen akan kendaraan jenis sub-compact. Sebagaimana diketahui, sebelumnya kategori hatchback sempat ramai oleh kehadiran Toyota Starlet. Namun entah mengapa, TAM menghentikan peredaran Toyota Starlet pada 1997.

Kerinduan pasar akan kendaraan jenis ini tampak jelas sejak Honda Jazz pertama kali hadir. Sambutan pasar terhadap produk besutan HPM sangat antusias. Kala itu, tahun 2004 terjadi kekosongan pasar di kategori hatchback. Walau tidak sebesar kategori MPV, kategori ini diyakini punya pasar yang cukup menjanjikan. Segmen pasar yang dibidik adalah kalangan wanita, anak muda dan keluarga muda .

Pasar sedan hatchback di Indonesia, menurut Jonfis, cukup menarik. Dari tahun ke tahun, pasarnya terus merangkak naik. Misalnya pertumbuhan tahun 2009 ke 2010 kenaikannya sampai 35%. Bahkan, posisi Honda Jazz sebagai pemimpin pasar belum tergoyahkan sejak awal peluncuran hingga sekarang dengan pangsa pasar sekitar 45-50%.

Namun, penjualan Honda Jazz di Indonesia terganggu tahun 2011, turun hingga 70% gara-gara Thailand dilanda banjir. Maklum, selama ini pasokan komponen diimpor dari Thailand. Akibatnya, pada Januari 2012 penjualan dealer hanya mencapai dua unit per bulan, padahal rata-rata penjualan Honda Jazz bisa 2.000 – 5.000 an unit saban bulannya. Toh, Honda Jazz segera bangkit dengan memberi kontribusi penjualan 21.244 unit. Hebatnya lagi, kini kontribusi penjualan Honda Jazz terhadap total penjualan Honda mencapai lebih dari 40 persen.

“Merupakan sebuah kebanggaan bahwa Honda Jazz telah memberi kepuasan untuk 198 ribu konsumen di Indonesia sejak generasi pertama sampai saat ini. Memasuki usia yang ke-9 tahun, Honda Jazz kini hadir dengan semakin matang untuk menjawab kebutuhan dari konsumennya di Indonesia,” jelas Jonfis. Menurutnya, hingga kuartal I tahun 2013, penjualan Honda Jazz akan tercapai di angka 200 ribu unit.

New Honda Jazz, Genjot Penjualan Honda Jazz ke 200 Ribu Unit

Bagaimana perkembangan Honda Jazz di Indonesia?

Honda Jazz terus berinovasi. Pertama kali diluncurkan di Indonesia pada tanggal 19 Februari 2004 dengan merilis Jazz tipe i-dsi mesin berkapasitas 1,5 liter yang hemat bahan bakar. Selanjutnya, Honda meluncurkan Jazz tipe VTEC dengan mesin berkapasitas 1.5 liter yang lebih bertenaga namun juga hemat bahan bakar pada tanggal 23 Juni 2005. Honda Jazz VTEC diproduksi di Pabrik Honda di Karawang, Jawa Barat.

Tidak hanya itu. Tanggal 11 Februari 2006 Honda meluncurkan Jazz MMC pada tanggal dengan tampilan yang lebih sporty. Lalu, Honda meluncurkan Jazz “Rocks” pada tanggal 5 Juni 2006 yang mempunyai fitur audio lebih lengkap.

Kemudian, Honda meluncurkan Jazz generasi kedua pada tanggal 27 Juni 2008 dengan tampilan serba baru.

Honda meluncurkan Jazz MMC generasi kedua pada tanggal 19 Mei 2011 yang lebih mempunyai value dan lebih sporty.

Baru-baru ini, 22 Januari 2013, Honda merilis New Honda Jazz yang menawarkan Triple Value melalui tiga varian.

Tonggak Bersejarah Honda Jazz yang Mendunia

Hingga kini perkembangan generasi Honda Jazz terbagi menjadi tiga: pertama, Honda Jazz (Fit) Generasi Pertama tahun 2001. Kedua, Honda Jazz (Fit) Generasi Kedua tahun 2008 dan ketiga, New Jazz (Fit) MMC Generasi Kedua yang diperkenalkan tahun 2011.

Awalnya Honda Motor Co., Ltd memperkenalkan mobil sub compact Honda Jazz pada tanggal 21 Juni 2001 yang mempunyai desain yang kompak dengan konsep Man Maximum, Machine Minimum.

Kala itu Honda Jazz mengisi kekosongan segmen mobil sub-compact (hatchback) Honda.

Selain itu, Honda Jazz menjadi platform bagi pemngembangan mobil Honda; Mobilio, Fit Aria(City), Airwave, Freed, Fit (Jazz) Hybrid, Fit EV, Fit Shuttle, Fit Twist.

Honda Jazz menjadi model hatchback internasional yang terjual di lebih dari 115 negara di seluruh dunia.

Hebatnya, penjualan kumulatif Honda Jazz telah mencapai 4 juta unit di seluruh dunia hingga tahun 2011.

World Premiere of Honda Jazz – 1st Generation

Honda Motor Co.,Ltd meluncurkan secara perdana (World Premiere) Honda Jazz di Jepang pada tanggal 21 Juni 2001.

Honda Jazz menjadi Global Car dengan diperkenalkan di Amerika Serikat, Eropa,dan negara Asia lainnya.

Generasi pertama dari Honda Jazz diproduksi di enam negara; Jepang (Suzuka Plant), China (Guangzhou Plant), Thailand (Ayutthaya Plant), Indonesia (Karawang Plant), & Filipina (Laguna Plant).

Honda meluncurkan MMC (facelift) Jazz generasi pertama pada tanggal 11 Juni 2004

Model Fit untuk pasar JDM & US Spec, model Jazz untuk Europe Spec dan model Jazz MMC untuk pasar South East Asia Spec.

World Premiere of Honda Jazz – 2nd Generation

Honda Motor Co.,Ltd meluncurkan perdana (World Premiere) generasi kedua Honda Jazz pada tanggal 18 Oktober 2007 bertepatan dengan ajang Tokyo Motor Show 2007.

Honda Jazz generasi kedua diproduksi di 8 Negara; Jepang (Mie Plant & Sayama Plant untuk diekspor ke Amerika), Thailand (Ayutthaya Plant), Indonesia (Karawang Plant), India (Greater Noida Plant), Inggris (Swindon Plant), China (Guangzhou Plant), Brazil (Sumare Plant), & Taiwan (Pingtung Plant). Honda Jazz generasi kedua ini dikembangkan ke dalam varian baru; Fit Hybrid pada tahun 2010, Fit EV yang diperkenalkan tahun 2011, dan Fit Twist yang diperkenalkan khusus untuk pasar Brazil di tahun 2012.

Honda menandai perjalanan 10 tahun Honda Jazz pada tahun 2011 silam.

Pada geneasi ini modelnya Fit (Jazz) Generasi 2, Fit (Jazz) Hybrid, Fit EV dan Fit (Jazz) MMC


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved