Marketing Trends

Ramadan Tahun Ini Shopee Targetkan Tumbuh Lebih dari 300%

Bulan Ramadan biasanya identik dengan meningkatnya animo belanja masyarakat untuk melengkapi kebutuhan sehari-hari. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Ramadan tahun ini, dunia sedang dilanda wabah Covid-19, termasuk di Indonesia. Menyambut bulan suci Ramadan tahun ini, masyarakat dihimbau untuk melakukan pekerjaan hingga ibadah di rumah.

Menyikapi hal tersebut, Shopee, menghadirkan kampanye Big Ramadhan Sale #ShopeeDariRumah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari pengguna selama bulan suci Ramadan tanpa khawatir keluar dari rumah. Handhika Jahja, Direktur Shopee Indonesia, menjelaskan melalui kampanye ini, pengguna dapat menikmati keuntungan belanja yang lebih, seperti periode kampanye lebih lama, mulai dari tanggal 6 April – 25 Mei 2020, THR Rp 10 miliar dari in app game Shopee Tanam , gratis ongkir untuk toko bertanda khusus serta diskon 50% selama kampanye berlangsung.

Menurutnya, ada peningkatan tren belanja pada Big Ramadhan Sale tahun lalu, dengan mencatatkan 300% peningkatan transaksi dibandingkan tahun 2018. “Untuk tahun ini, tentunya kami berharap dapat melampaui keberhasilan tahun lalu,” ujarnya.

Ia mengungkapkan biasanya produk fesyen meningkat pada bulan Ramadan. Selain itu, tahun lalu pesanan tertinggi ada di kategori, kecantikan, peralatan rumah, gadget. Berbeda dengan tahun lalu, ia memprediksi tahun ini, kebutuhan pokok rumah tangga juga ikut meningkat karena adanya himbauan #dirumahaja.

Shopee juga kembali bekerja sama dengan lembaga-lembaga sosial terpercaya seperti BAZNAS untuk pengguna yang ingin berzakat dan berdonasi bagi sesama melalui aplikasi Shopee. Arifin Purwakananta, Direktur Utama BAZNAS, mengatakan, hal ini sebagai salah satu upaya menanggapi himbauan pemerintah dalam menekan angka penyebaran virus COVID-19 di Indonesia. Lebih mudah lagi, pengguna dapat berzakat melalui QR Code yang dapat ditemukan di media sosial, web dan email blast dari BAZNAS dan langsung terhubung ke laman zakat BAZNAS di aplikasi Shopee.

Bersamaan dengan peluncuran kampanye Big Ramadhan Sale tahun ini, Shopee mengumumkan brand ambassador terbarunya, yaitu penyanyi dangdut Nella Kharisma asal Jawa Timur.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved