Marketing

Realfood, Selalu Masuk Top 5 di Berbagai E-commerce

Realfood, Selalu Masuk Top 5 di Berbagai E-commerce
Edwin Pranata, founder & CEO PT Realfood Winta Asia
Edwin Pranata, founder & CEO PT Realfood Winta Asia

Minuman nutrisi merek Realfood termasuk produk sukses yang bergerak di bawah “radar”. Produk yang diluncurkan pada 2016 ini menyasar konsumen usia 20-45 tahun yang mengusung gaya hidup sehat. Produknya menggunakan bahan baku lokal, diproses dengan teknologi kekinian, tanpa pengawet, dan halal. Sejak Januari 2020 Realfood juga sudah masuk ke pasar e-commerce. Setidaknya kini ada 13 item produk dan 46 SKU yang dipasarkan Realfood di e-commerce.

“Sejauh ini Realfood meraih posisi top 5 pada kategori F&B/health di beberapa marketplace, dan menjadi salah satu perusahaan lokal yang mampu bersaing dengan perusahaan FMCG multinasional di kategori tersebut,” Edwin Pranata, founder & CEO PT Realfood Winta Asia, menjelaskan. E-commerce yang sudah menjadi mitranya antara lain Tokopedia, Shopee, Lazada, JD.ID, Bukalapak, Blibli, SehatQ, dan Orami. Sejauh ini penjualan terbesar dari Tokopedia dan Shopee.

Edwin menceritakan, untuk menggarap pasar e-commerce, pihaknya punya tim khusus. Merekalah yang memikirkan aspek strategis, pelayanan terhadap konsumen, dan ketepatan dalam pelayanan logistik. Mereka pun bertugas mengembangkan toko official di setiap e-commerce dan membangun jaringan reseller resmi. “Maraknya penjual Realfood didorong pertumbuhan sales Realfood di sisi e-commerce yang memang bagus,” ungkapnya.

Terkait strategi, Realfood lebih fokus meningkatkan awareness melalui iklan yang gencar, subsidi ongkir, dan promo khusus untuk member, tetapi tidak jorjoran memberikan diskon. Selain itu, juga lebih fokus mendalami dan mengenali profil target pasar. Manajemen kemasan dan pengiriman pun diperhatikan secara detail. Dan bila terjadi komplain, Realfood akan menanggapi secara serius dengan memberikan kompensasi yang sesuai.

Untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, pihaknya juga mengembangkan program loyalitas dan membership. Broadcast chat dilakukan secara periodik sebagai apresiasi kepada konsumen setia Realfood. (*)

Sudarmadi & Darandono

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved