Marketing

Semarakan HUT RI Shopee Hadirkan Produk Lokal Sabang - Merauke

Semarakan HUT RI Shopee Hadirkan Produk Lokal Sabang - Merauke

Dalam rangka menyemarakkan HUT RI ke-73, Shopee bekerja sama dengan empat kementerian untuk menghadirkan koleksi spesial kemerdekaan yang mencakup 25.000 produk lokal dari Sabang sampai Merauke yang tersedia di platform Kreasi Nusantara.

Empat kementerian yang bekerja sama dengan Shopee itu adalah Kementerian Perindustrian, Kementerian Komunikasi dan Informasi, Kementerian Koperias/UKM, dan BEKRAF (Bada Ekonomi Kreatif). Koleksi spesial kemerdekaan dari Sabang sampai Merauke ini sekaligus menunjukkan misi Shopee untuk terus mendukung produk dan talenta lokal di tanah air.

Rezki Yanuar, Country Brand Manager Shopee, mengatakan, pihaknya menyadari bahwa setiap daerah di Indonesia memiliki potensi lokal yang dapat dikembangkan. Oleh karena itu, kurasi produk lokal pilihan ini diluncurkan sebagai ajang unjuk gigi produk-produk unik dan menarik yang dapat ditemukan di seluruh pelosok negeri. Dan, melalui inisiatif Kreasi Nusantara ini, Shopee juga ingin memberikan eksposur yang lebih luas kepada para pelaku UMKM dengan mewadahi bisnis mereka secara online. “Inisiatif yang diberikan oleh Shopee ini juga sejalan dengan visi pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai Digital Energy of Asia di tahun 2020.” ujar Rezki.

Uniknya, setiap pulau dari Sabang sampai Merauke yang telah dibina oleh Shopee dan keempat kementerian tersebut memiliki produk lokal favorit berkualitas yang menjadi ciri khas dari setiap daerah, antara lain:

● Pulau Sumatera: Keripik pisang coklat, keripik balado, dan keripik kulit ● Pulau Jawa (mencakup Pulau Jawa, Madura, dan Bali): Hijab dan baju muslim ● Pulau Kalimantan: Produk kosmetik dan kecantikan ● Pulau Sulawesi: Dress muslim serta tas selempang rotan dan tenun ● Pulau Papua (mencakup Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat): Dompet kulit untuk pria dan Kopi Arabika Papua Wamena.

Triawan Munaf, Kepala Badan Ekonomi Kreatif Indonesia, ​mengatakan, potensi para pelaku UMKM di Indonesia masih sangat besar untuk digali. Namun mereka memerlukan jalur pemasaran yang tidak mungkin mereka bisa usahakan sendiri. “Melalui kerja sama dengan Shopee lah, kami berharap tantangan itu terjawab dan dapat tercipta ragam inovasi program yang bersifat edukatif dan antisipatif agar dapat mendorong kreativitas para pelaku UMKM untuk beradaptasi terhadap perkembangan digital.” jelas Triawan.

Selain itu, Shopee juga telah bekerja sama dengan keempat kementerian ini untuk mengembangkan UMKM binaan pemerintah melalui program Kampus Shopee. Melalui serangkaian program edukatif di Kampus Shopee, para UMKM binaan pemerintah diberikan pelatihan guna mengembangkan bisnis mereka secara online dan menciptakan produk yang berdaya saing.

Inisiatif jangka panjang dari Kreasi Nusantara ini turut disambut baik oleh Kementerian Perindustrian, Gati Wibawaningsih​, Direktur Jenderal Industri Kecil dan Menengah Kementerian Perindustrian ​mengatakan, perkembangan e-commerce di Indonesia memegang potensi besar untuk memajukan produk lokal, terutama dalam menciptakan kemandirian digital bagi para pelaku UMKM di Indonesia utamanya dari sisi pengolahan yang dapat meningkatkan nilai tambah bahan lokal.

“Karenanya, kami sangat mendukung Kreasi Nusantara sebagai inisiatif yang memperkuat para pelaku UMKM untuk mengembangkan bisnisnya melalui eksposur digital,” jelas Gati.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved