Marketing

Sepatu Premium Khusus Lari Asal Amerika Kini Hadir di Indonesia

Sepatu Premium Khusus Lari Asal Amerika Kini Hadir di Indonesia

Michael Wardian, Brand Ambassador Hoka One One (tengah) dan Siddharth Bhansali, GM Marketing MAP Active (kedua dari kiri)

Setelah soft launching pada Februari 2017, PT MAP Active resmi meluncurkan merek sepatu asal Amerika yang mengkhususkan diri untuk lari di Hotel Fairmont Jakarta (23/09/2017). Grand launching tersebut dimaksudkan agar merek sepatu khusus untuk lari ini lebih dikenal masyarakat Indonesia. Karena peluncuran sebelumnya lebih dikhususkan ke komunitas lari.

Hoka One One dikenal sebagai merek sepatu lari premium paling inovatif di dunia. Merek ini memenangkan lebih dari 60 penghargaan sejak diluncurkan pertama kali pada 2009. Sepatu merek ini merupakan hasil riset bertahun-tahun untuk menciptakan sepatu yang lightweight (ringan) dengan bagian midsoles yang sangat tebal. Di Indonesia, Hoka One One dipasarkan oleh PT MAP Active yang merupakan bagian dari PT Mitra Adi Perkasa Tbk, yang dikenal memiliki lebih dari 680 toko olah raga dan anak-anak di seluruh Indonesia termasuk Sports Station, Kidz Station, Golf House, Planet Sports, Planet Kids, dan Planet Girl.

Pada grand launching di Hotel Fairmont, Hoka Hoka One membawa pemegang rekor dunia ultra marathon, Michael Wardian, yang juga global brand ambassador merek sepatu ini. Dikatakan Siddharth Bhansali, GM Marketing MAP Active, sebenarnya merek Hoka Hoka One sudah diperkenalkan ke pasar Indonesia sejak Februari 2017, tapi saat ini masih fokus di kalangan komunitas lari. “Produknya sudah dijual di berbagai store kami, tapi merek ini memang lebih dikenal para pelari. Grand launching kali ini bertujuan agar Hoka One One lebih dikenal masyarakat luas, bahwa ada produk sepatu yang nyaman sekali, sangat ringan walau dengan sole yang tebal namun tetap nyaman,” jelasnya. Ini sesuai dengan tagline merek sepatu ini: Sweetest Cushion.

Walau baru diluncurkan awal tahun, ternyata Hoka One One, menurut Siddharth, responnya sangat bagus. “Beyond expectation penjualannya, tahun depan targetnya lebih besar lagi, karena lebih banyak range product yang akan kami perkenalkan dan masyarakat lebih banyak yang mengetahui,” ujarnya, tapi dia menolak menyebut angka pasti penjualannya. Yang pasti, beberapa model paling populer dari Hoka One One, cepat terjual habis. Salah satu model yang paling laris adalah Clifton 4, sepatu khusus lari di jalan (road running shoe).

“Merek ini sudah dikenal lama para pelari terutama para ultra runner, walau begitu sepatu ini nyaman digunakan siapa saja, masyarakat umum yang membutuhkan sole yang ringan dan nyaman,” katanya. Sayangnya, sepatu ini belum tersedia untuk anak-anak, hanya untuk dewasa saja, baik pria maupun wanita. Siddhartha menyebut harga sepatu ini kisarannya Rp 1,5-2 jutaan. Disampaikannya hadirnya Hoka One One melalui Planet Sports, merupakan respon pihaknya atas pesatnya pertumbuhan komunitas lari di Indonesia.

Yasha Chatab, salah satu pendiri Indorunners, mengaku sudah mengetahui merek ini lama. “Saya sudah menggunakan sepatu khusus lari ini dan memang sangat ringat walau sole-nya tebal, sangat nyaman,” kata pria yang saat ditemui diacara ini menggunakan sepatu Hoka One One. Menurutnya, para pelari Indonesia memang sudah diperkenalkan lebih dahulu merek ini ketika MAP Active membawanya ke pasar sini. “Responnya saya lihat cukup bagus makanya merek mulai memperkenalkan ke publik,” ujarnya.

“Michael Wardian sebagai brand ambassador merek ini sangat menginspirasi para pelari di sini, bahwa segala sesuatu bisa diraih dengan latihan dan kerja keras. Maka itu kami membawa dia datang ke sini untuk gathering bersama komunitas lari di Indonesia juga dengan media,” tutur Siddharth. Michael dikenal sebagai pelari ultra marathon yang sepanjang 2017 ini memiliki pencapaian luar biasa. Dia berhasil menyelesaikan 7 lari maraton, dalam 7 hari di 7 benua dengan waktu rata-rata 2:45:03, lebih cepat 30 menit lebih dari rekor sebelumnya. Dan sudah mengikuti kompetisi dalam lebih dari 15 ultra marathon di sleuruh dunia, sebagian besar dia berhasil menangkan dan naik podium. Pada peluncuran kali ini, Indonesia juga memperkenalkan brand ambassador lokal Hoka One One yang juga pelari maraton: Inge Presetyo dan Hendra Wijaya.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved