Marketing

Sharp Kuasai Market Share 25% di Jawa Barat

Sharp Kuasai Market Share 25% di Jawa Barat

Jawa Barat, khususnya Bandung mempunyai potensi besar bagi PT Sharp Electronics Indonesia (SEID). Hingga saat ini produsen elektronik asal Negeri Sakura ini masih manjadi market leader dengan menguasai market share sekitar 25% di Jawa Barat. “Secara omset Jawa Barat memberikan kontribusi sekitar 5% bagi penjualan produk electronik di Indoensia,” kata Rama Narapati R, Head Sales Promotion Department SEI.

Untuk mendongkrak penjualan dan mempertahankan market share di Bandung untuk pertama kalinya SEID menggelar Sharp Matsuri 2012 di jalan ABC, Bandung (15-23 Desember 2012). Matsuri dalam bahasa Jepang bermakna perayaan/festival di mana orang-orang berkumpul dan bergembira bersama keluarga, teman atau orang terdekat.

Fuku Matsuri itu merupakan kegiatan atau budaya tradisional masyarakat Jepang agar mendapatkan keberuntungan dan keselamatan. Melalui program ini SEID menggandeng 20 dealer di sepanjang jalan ABC yang merupakan pusat penjualan elektronik terbesar di Bandung.

Shinji Teraoka, Sales and Marketing Senior General Manager SEID, menambahkan, kegiatan tersebut bertujuan untuk menstimulus penjualan produk elektonik Sharp sekaligus mengapreasi masyarakat Bandung yang telah setia menggunakan produk pabrikan Jepang tersebut. Apalagi kegiatan ini pertama kalinya dilaksanakan oleh perusahaan elektronik di Indonesia. Sebab, sejauh ini Bandung sejauh ini menduduki peringkat ketiga setelah Jakarta dan Surabaya sebagai kota dengan tingkat penjualan terbaik, sehingga diharapkan penjualan produk Sharp khususnya LCD/LED TV, mesin cuci, AC dan produk lainnya bisa terus terdongkrak.

Selain itu, alasan dipilihnya Bandung sebagai tempat penyelenggaraan Sharp Matsuri menurut Shinji karena komunitas pecinta budaya Jepang di Bandung hampir sama banyaknya seperti di Jakarta, sehingga sangat potensial. Selama 9 hari, Sharp membuka booth khusus bagi para pengunjung, yang berisi berbagai macam permainan, seperti Pinball Game, Angry Ball, dan Shoot The Duck, bagi para pengunjung yang membawa flyer atau menunjukkan sms pemberitahuan acara Sharp Matsuri, dan berkesempatan mendapatkan voucher gratis.

Selama berlangsungnya Sharp Matsuri, setiap pengunjung yang membeli produk Sharp dengan transaksi minimal Rp 5 juta, berhak mendapatkan 1 passport dan 1 stempel. Konsumen yang berhasil mengumpulkan 10 stempel, secara otomatis akan mendapatkan voucher belanja sebesar Rp 500 ribu. Selain itu juga disediakan 10 unit LCD TV 32 inchi dan 1 unit Honda Scoopy, yang diundi setiap hari.

Rama menambahkan, melalui fesitival yang digelar selama 9 hari, SEID menargetkan transaksi dari 20 dealer ini sekitar Rp 8 miliar, sedangkan dana yang dibutuhkan untuk acara ini sekitar Rp 800 juta atau sekitar 10% dari nilai transaksi. “Ini merupakan pilot project dan tahun depan akan dilakukan di Jambi. Bahkan tidak menutup kemungkinan juga akan dilakukan di negara-negara,” katanya. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved