Marketing

Stunning Bandung, Pintu Wisata Jawa Barat

Stunning Bandung, Pintu Wisata Jawa Barat

Kota Bandung didapuk menjadi salah satu dari 10 destinasi wisata di Indonesia yang akan dipromosikan oleh Kementerian Pariwisata RI di seluruh dunia. Hal tersebut diungkapkan oleh Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.

“Pemerintah RI melalui Kementerian Pariwisata memutuskan 10 cluster pengembangan pariwisata, salah satunya Bandung,” ujar Ridwan, Rabu, 7 September 2016.

Promosi Kota Bandung akan menggunakan tagline Stunning Bandung. Dipilihnya tagline tersebut bertujuan mewakili destinasi-destinasi wisata lain di Jawa Barat sesuai dengan judul promosi Where The Wonder West Java Begin.

“Kementerian Pariwisata menitipkan agar promosi Bandung juga mempromosikan Jawa Barat. Jadi, Bandung merupakan gerbang di mana keindahan pariwisata Jawa Barat dimulai,” katanya.

Ridwan-Kamil2 (1)

Ridwan berharap Kementerian Pariwisata bisa mensosialisasi Stunning Bandung ke kabupaten/kota di Jawa Barat. Sebab, masih banyak kota dan kabupaten di Jawa Barat yang belum mengetahui bahwa promosi wisata Jawa Barat dititipkan ke Bandung. “Walaupun namanya Bandung, tapi ini pintu untuk seluruh Jawa Barat,” ucapnya.

Kota Bandung memang tidak memiliki potensi wisata alam. Untuk itu, Ridwan mengedepankan fesyen, kuliner, dan wisata arsitektur heritage sebagai barang jualan. “Bulan depan poster-poster Stunning Bandung mulai dipasang,” tuturnya.

Ridwan menambahkan, dari 10 cluster wisata di Indonesia yang dipromosikan ke seluruh dunia, Kementerian Pariwisata mengejar target 20 juta kedatangan wisatawan asing dari seluruh dunia.

“Target Kota Bandung belum dihitung. Kalau sudah branding, baru akan dihitung. Biasanya kalau menarik wisatawan lokal satu wisatawan rasio marketing-nya sekitar Rp 10 ribu per wisatawan. Kalau wisatawan asing US$ 10. Jadi, setiap belanja marketing US$ 10 bisa mendatangkan satu wisatawan asing,” katanya.

Tempo


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved