Marketing zkumparan Covid 19

Super Indo, Meningkatkan Kualitas Layanan di Tengah Pandemi

Super Indo telah lama dikenal sebagai supermarket bagi para weeklyshopper yang mencari produk segar, khususnya untuk konsumsi rumah tangga, dengan harga ekonomis. Super Indo juga terkenal karena lokasi gerai yang strategis, mudah diakses, serta memiliki petunjuk informasi yang tertata di dalamnya.

Namun, bukan hanya faktor itu yang berhasil membawa Super Indo masuk ke dalam Brand of Choice in the Pandemic Era. Sejak pandemi Covid-19 melanda, kepedulian masyarakat terhadap kesehatan dan kebersihan meningkat, termasuk pada produk-produk yang dibeli. Ada suatu kebutuhan baru dalam berbelanja, yaitu melihat kehigienisan produk, termasuk dalam penyajian dan pendistribusiannya yang sesuai dengan protokol pencegahan penularan Covid-19.

Inilah faktor yang diperhatikan Super Indo dalam menjalankan aktivitas bisnisnya saat ini. Mereka meningkatkan kualitas layanan dengan tidak semata menonjolkan unsur fresh tetapi juga higienitas.

Johan Boeijenga, CEO Super Indo, mengatakan, sebagai supermarket yang menyediakan kebutuhan konsumsi rumah tangga, di tengah pandemi ini mereka menjaga produk-produk yang ada di gerainya seperti sayur, daging, dan buah agar selalu segar dan telah memenuhi standar keamanan pangan. “Kami rasa terpilihnya Super Indo juga merupakan hasil dari upaya kami yang telah menerapkan berbagai protokol kesehatan dan keamanan yang dianjurkan pemerintah dan WHO selama pandemi di seluruh gerai kami,” kata Johan.

Apalagi di tengah kondisi pandemi ini, supermarket termasuk fasilitas yang tetap ramai dikunjungi, bahkan aktivitas berbelanja konsumen meningkat. Untuk itu, Johan menjelaskan, Super Indo berupaya keras menjaga ketersediaan barang dengan melakukan koordinasi secara intens dengan para pemasok serta memastikan proses product handling di distribution center dan semua gerai Super Indo memenuhi standar kesehatan dan keamanan.

Selain itu, kondisi masyarakat yang lebih banyak beraktivitas di rumah sehingga meningkatkan kebiasaan memasak sendiri juga ditangkap oleh Super Indo. Yuvlinda Susanta, Head of Corporate Affairs & Sustainability, menjelaskan, Super Indo menyediakan layanan aplikasi online shopping, antara lain melalui Happy Fresh dan Grab Groceries. Juga selama Ramadan lalu, Super Indo menyediakan layanan pre-order pemesanan daging dan hampers melalui WhatsApp.

“Super Indo juga memberikan promo spesial produk-produk yang banyak dicari dan dibutuhkan pelanggan selama masa pendemi ini, misalnya frozen food, sayur, buah, daging, serta bumbu masak instan,” kata Yuvlinda. Dia menambahkan, kemampuan untuk secara konsisten memenuhi suplai barang-barang yang dibutuhkan di masa pandemi dan menjaga kestabilan harga berperan penting dalam membentuk persepsi positif pelanggan dan masyarakat.

Di samping meningkatkan kualitas layanan, Super Indo juga mengembangkan empathic marketing. Mereka mengambil bagian dalam memberikan dukungan terkait penanganan Covid-19. Di antaranya, dalam bentuk ambulans khusus infeksi Covid-19, alat pelindung diri (APD), dan sembako yang telah dan akan disalurkan kepada masyarakat melalui berbagai program kemitraan, termasuk dengan institusi kesehatan, pemerintah (Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19), dan organisasi lainnya seperti Yayasan BenihBaik.

Supermarket yang memiliki total 179 gerai ini mencatat peningkatan penjualan sejak awal 2020. “Ini mencerminkan ekspektasi untuk pertumbuhan yang konsisten sepanjang tahun,” ujar Yuvlinda. (*)

Yosa Maulana & Andi Hana

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved