Marketing Strategy

Strategi Suzuki Capai Target Market Share 12,5%

IMG_5389

Mengalami penurunan penjualan sebesar 40%, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) membuat beberapa strategi untuk mencapai target market share 12,5% di 2016. Salah satu strategi yang dilakukan antara lain menambah jaringan penjualan. Saat ini SIS memiliki 53 dealer Dan 297 outlet yang tersebar di 176 kabupaten.

Tahun ini, SIS berencana menambah 12 outlet dan memperluas cakupan jaringan di 5 kabupaten. Seiring dengan ditambahnya jaringan penjualan, kualitas purna jual juga ditingkatkan. Beberapa program purna jual yang diusung oleh SIS antara lain express maintenance, free service 50.000 km, Suzuki Day, dan body repair.

Mengusung tema Small Makes Big, SIS ingin membentuk identitas brand dan meningkatkan brand image Suzuki yang kuat untuk memberikan kepuasan pelanggan melalui penjualan, purna jual, servis, suku cadang secara menyeluruh.

Small Makes Big merupakan turunan Way of Life yang merupakan primary global image. Langkah Small Makes Big diawali oleh roda empat kemudian berlanjut ke roda dua dan outboard marine untuk implementasinya.

“Hal-hal kecil seperti senyum, ramah bersahabat, perhatian, dan hal-hal lainnya dapat berdampak besar kepada kepuasan pelanggan. Kami berharap pelanggan Suzuki dan masyarakat Indonesia dapat memperoleh pengalaman yang membahagiakan dan kepuasan layanan Suzuki,” ujar Donny Saputra, Marketing Director PT SIS.

Di 2016, SIS akan berfokus di segmen pick up, LCGC (Low Cost Green Cars), LMPV (Low Multipurpose Passenger Vehicle), dan kemungkinan akan mulai bermain di segmen SUV (Sport Utility Vehicle). Davy J. Tulian, 4w Deputy Manager Director PT SIS, memberikan sedikit bocoran mengenai produk baru yang akan diluncurkan. “Kuartal kedua kami akan keluarkan di segmen mini SUV, kuartal ketiga medium SUV, kuartal keempat hatchback,” tutupnya. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved