Jurus OBH Combi Mempertahankan Pangsa Pasar Tahun Depan

Hampir 42 tahun OBH Combi eksis sebagai merek obat batuk di Indonesia. Selama itu pula, produk pabrikan dari PT Combiphar itu bertengger sebagai merek obat batuk dalam kemasan botol nomor satu di Tanah Air. Pencapaian prestasi itu bukan tanpa usaha. Sejak dulu, perusahaan yang berproduksi di Bandung ini menjalankan taktik khusus untuk memenangkan persaingan. Termasuk taktik untuk mempertahankan pangsa pasar tahun depan. Apa saja?

imageTaktik pertama, menurut Weitarsa Hendarto, Vice President Consumer Healthcare & Wellness Combiphar, adalah terus melakukan edukasi kepada masyarakat. Caranya dengan menyentuh langsung target sasaran atau konsumen OBH Combi. Selain itu, produk harus menciptakan platform komunikasi ke komunitas seperti “Komunitas Ibu & Anak”.

Taktik kedua, menggelar kampanye secara berkelanjutan. Misalnya, membagikan masker ke masyarakat. Beberapa waktu lalu, perusahaan telah membagikan lebih dari 100 ribu masker ke masyarakat dengan cara office to office, public area, dan lain-lain di Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya dan Yogyakarta.

Taktik terakhir adalah melanjutkan aktivitas-aktivitas below the line activity (BTL), on the ground serta digital marketing yang fokusnya membesarkan basis konsumen OBH Combi. “Dengan begitu, basis konsumen kami akan semakin luas dan brand equitas juga makin tinggi,” yakinnya.

Weitarsa mengklaim, OBH Combi menguasai pangsa pasar obat batuk kategori dalam kemasan botol. Sayang, ia enggan merinci berapa besar prosentase pangsa pasar yang diperoleh. “Yang jelas kami menguasai pasar,” tukasnya.

Meski banyak merek sejenis yang bermunculan, pihaknya tidak gentar untuk tetap menjaga posisi merek. Sejak melakukan re-branding tahun lalu, tingkat persepsi serta kepercayaan terhadap obat batuk itu terus meningkat. “Selama ini kepercayaan konsumen terhadap OBH Combi cukup tinggi. Kami akan terus mempertahankan dan meningkatkannya,” jelasnya. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)