Telkomsel Luncurkan Grapari Virtual

 

Telkomsel  melengkapi customer touch point untuk memudahkan pelanggan mendapatkan layanan terbaik dengan menghadirkan Grapari Virtual.

 

"Indonesia sebagai negara dengan pengguna media sosial paling tinggi di dunia, mendorong Telkomsel untuk menyediakan layanan berbasis social chatting," ujar Ririek Adriansyah, Dirut Telkomsel di Gedung Telkomsel Smart Office Jakarta (24/08/2017). Dia mengklaim,  dengan hadirnya Grapari Virtual, Telkomsel menjadi operator selular pertama di Indonesia yang menyediakan layanan dengan platform seperti ini.

Layanan ini juga memberikan pengalaman mobile digital lifestyle bagi pengguna, baik itu pelanggan maupun yang bukan. Layanan mandiri tersebut dapat menjawab berbagai pertanyaan informasi seputar produk dan layanan Telkomsel dari pelanggan kapan pun dan di mana pun. Menurut Ririek dalam mengembangkan layanan ini Telkomsel menggandeng Accenture perushaan konsultan dari Amerika.

Layanan di kanal digital dengan nama Veronika menawarkan beberapa keunggulan: hadir 7 hari 24 jam dan berbasis social chat platform. Ini dimungkinkan karena memanfaatkan artificial intelligence, customer analytics, dan interaksi manusia untuk menghasilkan layanan self-service yang memberikan pengalaman pelanggan lebih baik, cepat, dan dapat diakses di mana saja.

Veronika versi virtual ini dapat melayani diantaranya informasi mengenai lokasi GraPARI terdekat, cara upgrade 4G, informasi paket aktif dan berlangganan, informasi tagihan, infomasi PIN T-Care, dan juga informasi PUK. Di sisi lain, GraPARI Virtual juga memungkinkan pelanggan untuk memperoleh solusi layanan, seperti berlangganan paket, pembelian pulsa, membayar tagihan, serta melakukan redeemPOIN.

"Sekitar dua pertiga dari seluruh interaksi pelanggan dengan Telkomsel ada di kanal digital," ujar Sihol U. Pardamean, GM Digital Customer Touch Point Management Telkomsel. Ia melanjutkan saat ini pelanggan yang datang ke Grapari fisik hanya sepertiga dari jumlah pelanggan Telkomsel.

Sayangnya Telkomsel belum menyediakan layanan ini di Whatsapp. Alasan Sihol, sebenarnya pihaknya sudah ada diskusi dengan pihak Whatsapp, tapi mereka belum merespons. "Kanal lain akan segera dibuka untuk meningkatkan layanan virtual assistant Telkomsel ke depannya," ujarnya.

Terkait keamanan data pelanggan dengan digandengnya pihak lain, Sihol meyakinkan Telkomsel menjaga semua kerahasiaan pelanggan. Untuk diketahui Veronika virtual ini juga bisa menjawab dengan bahasa gaul anak sekarang. Untuk bahasa daerah dikatakannya akan dikembangkan ke sana.

Walaupun sudah tersedia Grapari Virtual, operator selular dengan 178 juga pelanggan tetap akan menyediakan layanan Grapari fisik dengan customer service-nya. "Layanan ini melengkapi kanal layanan yang sudah ada, agar pelanggan makin nyaman," tambahnya.

 

Editor : Eva Martha Rahayu

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)