Marketing Strategy

Terios Custom Ditargetkan Berkontribusi 10% dari Total Penjualan

Oleh Dibi
Terios Custom Ditargetkan Berkontribusi 10% dari Total Penjualan

Sebulan setelah meluncurkan Sirion Sport di awal tahun 2016, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) selaku Agen Pemegang Merek (APM) Daihatsu di Indonesia meluncurkan produk baru. Produk ini adalah varian dari Terios yang diberi nama Terios Custom. Hendrayadi Lastiyoso, Head Marketing Division PT Astra International Tbk – Daihatsu Head Office, mengaku bahwa Terios Custom dibuat dengan mengusung konsep ‘Sahabat Petualang’ yang menjadikan exteriornya lebih memiliki kesan tangguh dibandingkan Terios biasa.

Terios sendiri hadir perdana sekitar 8 tahun yang lalu pada Desember 2006 dan telah mendapatkan penyesuaian-penyesuaian khusus pada Oktober 2010, Agustus 2013, dan Maret 2015. Penyesuaian-penyesuaian tersebut meliputi perubahan eksterior dan interior yang cukup signifikan. Kehadiran versi Custom ini menambah varian baru mobil jenis SUV itu.

Terios Custom Baru

Pada edisi Custom ini, Terios tidak banyak mengalami perubahan yang berarti secara keseluruhan. “Seri custom ini untuk sekarang hanya tersedia dalam 1 warna, yaitu icy white dengan roof berwarna hitam. Jika dibandingkan dengan versi biasanya, yang membedakan ada pada body sticker, emblem, dan muffle cutter,” jelas Hendra. Ini berarti versi Custom hanya mendapatkan perubahan pada exteriornya saja.

Meski begitu, perubahan-perubahan pada seri Custom ini memang membuat Terios jadi terlihat berbeda dan lebih apik. Hendra mengaku perbedaan minimalis ini untuk menekan cost sehingga harga jual seri baru tersebut tidak over the top. “Jika lebih banyak yang kami ubah, cost produksi akan makin tinggi dan harga jual yang makin tinggi bukanlah target kami. Kami ingin menyediakan pilihan lain yang spesial bagi para konsumen SUV dengan harga yang tetap terjangkau dan kompetitif di pasar,” ujarnya.

Harga yang ditawarkan untuk Terios Custom transmisi manual adalah Rp 228.100.000. Transmisi otomatis harganya sedikit lebih mahal, Rp 242.200.000. Harga ini memang bisa dibilang moderat di kelas SUV karena harga Terios non Custom saja di pasaran saat ini berkisar antara Rp186.000.000 hingga Rp 243.000.000. Di pasar Indonesia sendiri, sebagai perbandingan, harga SUV baru termahal bisa mencapai kisaran harga Rp 350.000.000 hingga Rp1, 6 miliar.

Penjualan Daihatsu Terios sendiri tiap bulannya mencapai setidaknya 1.200 unit. Tren ini dipertahankan selama 2015 kemarin. Tahun ini pun dalam menjual varian Terios target Daihatsu tidak muluk-muluk; mencapai penjualan 1.200 unit per bulan.

Lalu di mana kontribusi seri Custom dalam angka nantinya? “Dari target 1.200 unit perbulan itu target kami adalah kurang lebih 10% dari angka tersebut merupakan penjualan seri Custom. Jadi kami tidak menargetkan peningkatan penjualan 1200 unit, tapi dari 1200 unit itu masuk unit baru kami,” Hendra menjelaskan. Karena target penjualan seri Custom ini tidak banyak, Daihatsu pun hanya mendistribusikan 100 unit per bulannya untuk semua dealer di Indonesia. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved