Marketing Strategy

Tingkatkan Loyalitas Pelanggan, Carrefour Gelar Program “Football Bear”

Tingkatkan Loyalitas Pelanggan, Carrefour Gelar Program “Football Bear”

Banyak cara yang dilakukan perusahaan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Salah satunya dengan menggelar program belanja berhadiah gimmick tertentu. Dan jaringan hypermarket Carrefour yang dikelola oleh PT Trans Retail Indonesia secara berkala mengadakan program loyalitas itu.

Karena tahun 2014 ini kebetulan bertepatan dengan ajang Piala Dunia 2014 di Brazil, Carrefour pun tidak mau ketinggalan momen dengan merilis program belanja berhadiah boneka beruang dengan kostum bola dari 11 negara yang klub sepakbolanya berlaga di FIFA World Cup 2014. Tema yang diusung dalam program ini adalah “Koleksi Boneka Football Bear”.

(ke-2 dari kiri) Hendrik Adrianto, Head of External Communication and CSR PT Trans Retail Indonesia

(ke-2 dari kiri) Hendrik Adrianto, Head of External Communication and CSR PT Trans Retail Indonesia

Sebagaimana diketahui kejuaraan sepak bola dunia itu diadakan tiap empat tahun sekali. Dan tahun 2014 akan digelar di Brazil yang diikuti oleh 32 tim nasional sepak bola terbaik di dunia yang bakal mempertandingkan sebanyak-banyaknya 64 pertandingan di 12 kota.

“Carrefour sengaja meluncurkan program loyalitas pelanggan dengan tema ‘Football Bear’ bersamaan dengan pelaksanaan Piala Dunia 2014. Kami berharap, dengan memiliki boneka beruang lucu bertema sepak bola ini, pelanggan setia Carrefour dapat ikut merasakan kemeriahan dan menjadi bagian ajang FIFA orld Cup 2014,” ujar Hendrik Adrianto, Head of External Communication and CSR PT Trans Retail Indonesia.

Program “Koleksi Boneka Football Bear” akan berlangsung mulai tanggal 14 Mei – 8 Juli 2014. Mengapa jangka waktunya cuma 8 minggu? Bukankah biasanya program belanja berhadiah Carrefour cukup lama masa promosinya? “Ini disesuaikan dengan masa berlangsungnya Piala Dunia 2014,” tambah Indira Manoppo, Senior Manager Marketing & Communication PT Trans Retail Indonesia, yang bekerja di Carrefour sejak 3 tahun terakhir itu.

Untuk mendapatkan hadiah boneka lucu itu, pelanggan cukup mengumpulkan 20 stiker. Sedangkan untuk mendapatkan 1 stiker, syaratnya pelanggan harus belanja minimal Rp 75 ribu dan berlaku kelipatannya. Penukaran stiker dapat dilakukan hingga tanggal 22 Juli 2014 di seluruh jaringan ritel Carrefour di seluruh Indonesia.

Indira Manoppo, Senior Manager Marketing & Communication PT Trans Retail Indonesia

Indira Manoppo, Senior Manager Marketing & Communication PT Trans Retail Indonesia

Agar pemberian hadiah merata untuk pelanggan, setiap pelanggan yang melakukan sekali transaksi hanya mendapatkan maksimal 30 stiker. Jadi, melalui program ini memungkinkan anggota komunitas dapat bertukar boneka beruang berkostum bola yang menggemaskan tersebut.

Hendrik mengklaim, hingga kini program gimmick sangat efektif untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Banyak tema yang diperkenalkan seperti tahun 2013 belanja berhadiah koleksi pisau Jerman, jam Mickey Mouse, Teddy Bear. Dan tahun 2014 yang baru menawarkan hadiah koleksi Bakeware Gorme, yaitu peralatan masak yang dapat digunakan di microwave, freezer, dish washer maupun refrigerator.

Program Bakeware Gorme berlangsung sejak 14 Februari – 15 April 2014. Saat itu jika belanja Rp 75 ribu mendapatkan 1 buah stiker. Jika sudah mengumpulkan minimal 15 stiker, maka pelanggan itu berhak untuk mendapatkan produk, seperti 0,6 L Mixing Bowl. Atau sebaliknya, dengan bekal 8 stiker plus dana tambahan sebesar Rp 39.900, pelanggan pun dipastikan akan memperoleh produk yang sama. Sedangkan bila pelanggan sudah bisa mengumpulkan 60 stiker berhak bawa pulang hadiah Oval Roaster.

“Tujuan kami dengan rutin mengadakan program loyalitas pelanggan ini agar pelanggan tidak sekadar berbelanja, tapi merasakan experience yang menyenangkan berbelanja di toko kami,” tambah Hendrik yang pernah 15 tahun berkarier di perusahaan kaca Asahimas itu. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved