Toshiba Targetkan Market Share TV 30%

Toshiba menggarap semua segmen pasar TV. Produk asal Jepang ini memiliki line-up produk yang cukup lengkap,i mulai segmen rendah hingga premium. Untuk kelas low hingga middle, Toshiba menjagokan jajaran Power TV series. Sementara, untuk kelas premium Toshiba punya jajaran Regza series. Bila di rata-rata semua segmen itu harganya mulai dari Rp 1 jutaan hingga Rp 10 jutaan.

Hingga akhir tahun 2011, market share Toshiba untuk keseluruhan televisi mencapai 25%,” klaim Rizki Irwansyah, Assistant Senior Marketing Manager PT Toshiba Visual Media Network Indonesia (TVMI). Untuk tahun ini, pihaknya akan meningkatkan penguasaan pasar hingga 30%. Sayangnya, Rizki enggan merinci pertumbuhan penjualan dari tahun ke tahun.

Rizki menjelaskan, untuk merebut hati konsumen televisi perlu meng-upgrade teknologi. Misalnya, kala Toshiba mengeluarkan power TV diklaim karena menyesuaikan karakter geografis Indonesia yang banyak pegunungan. Di kontur tanah seperti itu, TV memerlukan auto signal booster untuk memperkuat daya tangkap siaran televisi terrestrial. Toshiba sudah menanamkan auto signal booster pada power TV-nya. Namun, pemain lain juga telah melakukan hal serupa. “Tapi yang lain tidak mengikuti frekuensi signal di Indonesia,” kilahnya.

Sama halnya ketika mengeluarkan Regza RZ1, jajaran Regza series terbaru. Regza RZ1 yang dibanderol Rp 150 juta/unit ini merupakan televisi 3D yang bisa dinikmati tanpa mengenakan kacamata khusus. Toshiba mengklaim adopsi teknologi Regza Engine Cevo Duo S mampu menghasilkan gambar hingga 9 parallax yang akan diproyeksikan pada panel Quad Full HD melalui lensa-lensa lentikular. Proyeksi lensa lentikular secara berkesinambungan akan menciptakan efek 3D pada mata. “Peluncuran ini melengkapi keberhasilan RZ1 di Jepang akhir 2010 lalu,” jelas Jun Nishioka, Direktur Utama TVMI.

Produk ini diharapkan dapat meningkatkan market share Toshiba pada televisi 3D di tanah air. Sepanjang tahun kemarin, Nishioka mengklaim pihaknya baru mendapat porsi 7% dari total pasar televisi 3D. “Dengan meluncurkan Regza RZ1, kami berharap market share akan menjadi double digit,” tuturnya. Regza RZ1 akan mulai beredar di Indonesia mulai bulan Juli, dan hanya dijual sebanyak 100 unit selama 2012 ini.

Permintaan televisi dengan kualitas 3D yang canggih dan nyaman di mata makin besar. Kami yakin Regza RZ1 akan menarik perhatian dan mampu memberikan pengalaman menonton yang berbeda,” ujar Rizki. (EVA)

 

 

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)