Marketing Strategy

Upaya Rumah.com Mempertahankan Market Leader Portal Properti

Upaya Rumah.com Mempertahankan Market Leader Portal Properti

Setelah sukses meluncurkan aplikasi untuk perangkat BlackBerry (BlackBerry Application), Rumah.com terus berinovasi untuk memberikan kemudahan untuk mengakses situsnya melalui aplikasi mobile berbasis Android untuk konsumen properti di Indonesia. Aplikasi mobile portal Rumah.com ini dapat diunduh secara gratis di Google PlayStore. Menurut Chris Antonius, Country Managing Director Rumah.com, pengembangan aplikasi ini merupakan strategi PropertyGuru Group -Induk perusahaan Rumah.com yang bermarkas di Singapura- untuk fokus dalam aplikasi mobileguna menguatkan posisi Rumah.com di pasar portal properti Indonesia.

Apalagi saat ini penggunaan internet dan aplikasi mobile di Indonesia telah memperlihatkan peningkatan. Untuk pencarian properti secara online, misalnya di Indonesia meningkat lima kali lipat dalam dua tahun terakhir, di mana seperempatnya berasal dari perangkat mobile. Alasan dipilihnya platform berbasis Android, karena pertumbuhan penggunanya di Indonesia meningkat signifikan. “Dalam satu tahun terakhir, pengguna Android di Indonesia meningkat lebih dari 70%,” kata Chris.

Kehadiran apikasi Android, sebagai upaya agar Rumah.com bisa terus mengikuti perkembangan dan kebutuhan pasar dan bisa memberikan informasi bagi para pencari properti dengan cara yang lebih cepat dan nyaman. Apalagi dengan koneksi dan penetrasi internet mobile di Indonesia yang semakin baik dan semakin mudah mengakses melalui smartphone. “Konsumen properti di Indonesia banyak melakukan pencarian properti secara online, hal inilah yang membuat Rumah.com akan terus mengembangkan teknologi serupa untuk memenuhi kebutuhan konsumen, sekaligus mempertegas posisi kami sebagai market leader,” tambah Chris.

Aplikasi Android Rumah.com yang tersedia sejak Maret lalu, hingga akhir pekan lalu, telah diunduh lebih dari 4.000pengguna. Aplikasi ini juga menawarkan fitur-fitur seperti Berita Properti, Kalkulator Simulasi Pinjaman, dan Menu Pencarian Agen Properti yang dapat menjadi solusi bagi konsumen properti. Bahkan, aplikasi ini juga tersinkronisasi dengan desktop, sehingga setiap pencarian atau update yang dilakukan konsumen pada versi mobile, juga tersimpan dalam versi desktop.

Selain itu, aplikasi ini, memberikan kemudahan bagi konsumen properti untuk mencari properti dengan banyaknya pilihan iklan (listing) properti yang dijual atau disewa, lengkap dengan keterangan detail mengenai setiap properti yang ditampilkan. Jika tertarik, konsumen juga bisa langsung menghubungi agen properti yang menayangkan listing tersebut hanya dengan satu klik. Bahkan dengan fasilitas GPS (global positioning system) yang ada dalam ponsel, konsumen juga dapat disuguhkan aneka pilihan properti berdasarkan lokasinya saat itu berada. Konsumen pun dapat menyimpan data listing properti yang menjadi favoritnya.

Melalui aplikasi Android, Chris optimis bisa mengulang keberhasilan aplikasi BlackBerry yang dalam waktu 10 bulan telah diunduh sekitar 75 ribu pengguna. “Ekspektasi saya untuk aplikasi Android bisa lebih dari 100 ribu pengguna yang akan mendownload,” katanya. Apalagi, saat ini Rumah.com terus berkembang dan telah dikunjungi 1,5 juta-1,7 juta pencari properti yang melihat 11 juta halaman setiap bulan dimana saat ini Rumah.com memiliki lebih dari 100 ribu anggota terdaftar yang terdiri dari agen properti dan pencari rumah. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved