Marketing Strategy

Wisata ke Purwakarta, Ini Destinasi Favoritnya

Oleh Admin
Wisata ke Purwakarta, Ini Destinasi Favoritnya

Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, menargetkan kunjungan wisata sepanjang medio 2016 sebanyak tiga juta orang. “Target itu tidak muluk-muluk. Sudah kami hitung dan sangat rasional,” kata Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi kepada Tempo, Jumat, 26 Februari 2016.

Sesuai data yang tercatat di Dinas Perhubungan Pariwisata Pos dan Telekomunikasi Kabupaten Purwakarta, Dedi mengungkapkan, setiap pekan, pelancong yang berkunjung dan menginap di Purwakarta tak kurang dari 20 ribu orang.

Dedi mengungkapkan, kunjungan pelancong lokal, regional, dan internasional setiap waktu terus menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan. “Terutama setelah adanya air mancur berjoget di destinasi wisata Sri Baduga,” ujarnya.

sribadugadedi

Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi

Destinasi lainnya yang juga tak kalah menarik buat pelancong adalah wisata kuliner Tjeplak di sepanjang Jalan Kolonel Kornel Singawinata, yang digelar saban Sabtu malam setiap pekan.

“Di tempat itu, pengunjung bisa menikmati seluruh jajanan khas tradisional hingga yang modern asli Purwakarta,” Dedi menjelaskan. Sebab, wisata kuliner pun menjadi salah satu destinasi unggulan Purwakarta.

Destinasi wisata lain yang juga menjadi magnetude buat para pelancong lokal, regional, dan internasional datang ke Purwakarta adalah kawasan wisata Jatiluhur, Situ Wanayasa, Air Terjun Cipurut, dan kuliner sate maranggi yang bertebaran di sepanjang jalur ramai Purwakarta.

Dedi mengaku senang. Sebab, sejalan dengan terus meningkatnya jumlah pelancong ke daerahnya, perputaran ekonomi pun meningkat pesat, terutama yang terkait dengan pergerakan ekonomi kreatif. “Transaksi di wisata kuliner Tjeplak, misalnya, setiap Sabtu malam mencapai Rp 120 juta,” ia menjelaskan.

Karena itu, Dedi berkomitmen menjadikan sektor pariwisata menjadi andalan dalam menggerakkan perekonomian masyarakat dan pendapatan daerah. Agar optimal, dia akan melakukan peningkatan infrastruktur jalan ke setiap lokasi destinasi wisata, terutama wisata alam pedesaan, dengan melebarkan jalan menjadi 16-20 meter dengan kualitas yang bagus.

Kepala Bidang Pariwisata Dinas Perhubungan Pariwisata Pos dan Telekomunikasi Asep Supriatna mengatakan, buat menunjang target kunjungan tiga juta wisatawan lokal, regional, dan internasional, pihaknya telah melakukan berbagai upaya strategis. “Di antaranya membuat tourist information yang sudah kami sebar di beberapa titik strategis di Purwakarta,” ujar Asep. Intinya, dia akan terus berupaya meningkatkan pelayanan terbaik agar para pelancong betah berlama-lama singgah dan tinggal di Purwakarta.

Tempo


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved