Matahari Dept. Store Gaet Manhattan Associates untuk Operasional Omnichannel

PT Matahari Department Store Tbk. bekerja sama dalam pendistribusian versi terbaru Warehouse Management System (WMS) Manhattan Associates ke lima distribution centre di seluruh Indonesia.

Solusi ini sekaligus mengimplementasikan proses rantai pasok yang baru untuk memaksimalkan tingkat layanan di seluruh operasi ritel omnichannel dengan lebih efisien. Hal ini diharapkan akan membangun loyalitas merek di antara pelanggan melalui ketersediaan produk yang lebih baik dan optimal.

Keith Jones, Direktur Logistik Matahari Dept. Store mengatakan, solusi Manhattan akan membantu Matahari dalam mengelola kompleksitas rantai pasok yang semakin berkembang, yaitu terkait dengan menjalankan multi-departement, multi-channel dan kegiatan operasional ritel yang semakin beragam. Solusi ini memastikan produk-produk ritel tersebut tersedia untuk pelanggan di seluruh Indonesia, baik pelanggan di gerai fisik maupun online.

Versi WMS terbaru akan merampingkan proses operasional dalam distribution centre, meningkatkan proses inventarisasi dan pendataan di seluruh kegiatan rantai pasok Matahari. Hal ini berfungsi sebagai landasan yang kuat saat Matahari membangun kapabilitas e-commerce dan omnichannel.

Hubungan Matahari dengan Manhattan dimulai tahun 2006, saat mengadopsi teknologi WMS Manhattan terdahulu dalam menjalankan distribution centre di Balaraja, Tangerang. Visi Manhattan dipadukan dengan misi Matahari, yaitu selalu memberikan yang terbaik bagi pelanggan, membuat pendistribusian versi terlengkap dan terbaru WMS Manhattan ini kemudian berkembang. Kini, telah mencakup implementasi di kota-kota besar seperti Bandung, Halim (Jakarta Timur), Surabaya dan Medan. Adapun visi Manhattan adalah pemimpin solusi sistem rantai pasok dan perdagangan omnichannel yang mampu mendorong peningkatan margin industri retail yang memiliki kuantitas, kecepatan, kompleksitas yang tinggi.

Dalam pengimplementasian solusi versi terbaru ini, Matahari dan Manhattan berdampingan dengan Intramega Global, GeoPartner Manhattan di Indonesia sebagai distributor WMS dan sistem otomasi di Indonesia.

Richard Wright, Direktur Pengelola Manhattan Associates Asia Tenggara, mengatakan, pihaknya menjadi mitra utama Matahari dan mendukung dalam mengawali transformasi omnichannel. Investasi Matahari di WMS terbaru Manhattan ini akan memberikan landasan yang kuat bagi pelaku retail omnichannel untuk membangun sistem rantai pasok kelas dunia.

Matahari memiliki sejarah yang panjang di industri ritel Indonesia. Memulai perjalanannya pada tahun 1958 dengan gerai pakaian anak-anak di Pasar Baru – Jakarta Pusat, kemudian memperkenalkan konsep dept. store modern pertama di Indonesia pada 1972. Matahari memperkenalkan diri sebagai brand yang benar-benar nasional.

Saat ini Matahari mengoperasikan 154 gerai di 74 kota di seluruh Indonesia, dengan total ruang ritel sekitar 1 juta juta meter persegi. Hal ini juga dilengkapi dengan kehadiran gerai online yang semakin berkembang, MatahariStore.com dan kemampuan logistik pihak ketiga, yaitu Matahari Nusantara Logistik. Perusahaan ini mempekerjakan lebih dari 40 ribu karyawan dan bermitra dengan sekitar 850 pemasok dari Indonesia dan seluruh dunia.

 

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)