We-Media, Era Baru Platform Distribusi Konten | SWA.co.id

We-Media, Era Baru Platform Distribusi Konten

UCWeb, penyedia mobil browser yang merupakan bagian dari Alibaba Mobile Business Group, resmi meluncurkan We-Media Reward Plan 2.0. We-Media merupakan platform pencipta konten independen di Indonesia. UCWeb tercatat sebagai salah satu aplikasi yang memiliki pertumbuhan pengguna tertinggi di Indonesia dengan 20 juta pengguna aktif sampai dengan bulan Februari 2017.

Rilis data yang dikeluarkan UCWeb menunjukkan bahwa pada bulan Februari terdapat 1.300 total pengunjung, di mana 45 jutanya merupakan pengunjung harian dengan rata-rata menghabiskan waktu selama 20 menit di dalam aplikasi. Pada bulan Januari kemarin, perusahaan ini telah menggelontorkan investasi awal sebesar Rp 400 miliar guna mendorong pendistribusian konten untuk 2 tahun ke depan.

Donald Ru, General Manager, UCWeb Indonesia, Alibaba Mobile Business Group, menjelaskan, dominasi proliferasi seluler dan digital membawa pertumbuhan penggunaan internet mobile dan membuat masyarakat Indonesia menjadi lebih mengenal dunia digital. “Selagi konsumsi konten digital terus meningkat, kami ingin berkontribusi lebih kepada industri konten Indonesia melalui UC News,” ujarnya.

Saat ini UCWeb telah memiliki 300 penyedia konten dan ditargetkan akan mencapai 1.000 penyedia konten dari India dan Indonesia. “Untuk mencapai target ini, kami bekerja sama dengan para pencipta konten dan distributor berpengaruh dari nasional dan mancanegara,” jelasnya.

Hal ini dilakukan untuk menciptakan konten-konten yang lebih relevan, menarik, dan berkualitas. Program ini diharapkan dapat menjadi tren baru dalam dunia menulis, dimana setiap orang memiliki kesempatan untuk menulis dan berbagi pemikiran dengan para pembaca UC News.

Bruce Zuo, Kepala UC News We-Media, menuturkan, saat ini Indonesia memiliki lebih dari 80 juta pengguna internet mobile, 7.000 pekerja media, dan sekitar 3 juta blogger. Tetapi masih sedikit yang berkontribusi pada pertumbuhan konsumsi konten online. “Kolaborasi antara UCWeb, big data, dan AI serta ditunjang dengan pengalaman kesuksesan di Tiongkok, dimana We-Media telah menemukan model bisnis yang terintegrasi dengan seluruh rantai dan produsen konten, pengguna, pengiklan, sampai monetisasi konten. Kami memiliki keinginan untuk membuat UC News menjadi platform distribusi dan layanan konten nomor 1 di Indonesia,” dia menguaraikan.

Naiknya konsumsi konten video sebesar 25% membuat UCWeb berencana untuk mengembangkan layanannya dengan menambah lebih banyak konten video berdurasi singkat. Layanan yang sebelumnya telah menuai hasil di Tiongkok ini akan menjadi rencana lanjutan UCWeb dalam mengembangkan inovasinya.

Untuk menjaga kualitas dan keaslian konten, UC News akan meberikan arahan mengenai konten apa saja yang bisa dibagikan kepada pembaca dan memberikan proteksi terhadap karya-karya yang telah dihasilkan. Selain itu untuk menarik penyaji konten, UC News akan memonetisasi karya-karya yang dihasilkan, berdasarkan pemasukan iklan dan jumlah viewers.

Editor : Eva Martha Rahayu

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Read previous post:
Indonesia Keren 2, Cara ANTV Rayakan 24 Tahun Kiprahnya

Indonesia Keren 2 menjadi perayaan ulang tahun ANTV tahun ini. Bagaimana tidak, untuk pertama kali digelar drama musikal yang dikemas...

Close