Mengembangkan Kapasitas Diri dalam Koprol PPM Community 2021

Saat ini PPM Community aktivitasnya berjalan pada aplikasi Telegram (Foto: Eva/Swa)

PPM Manajemen kembali menggelar Kopi Darat Online (Koprol). Gelaran tahunan ini untuk PPM Community dengan semangat menjadi wadah bercengkrama, berdiskusi, bertukar pikiran, mendapatkan insight perkembangan bisnis dan ilmu serta mengenal lebih dekat para anggotanya.

PPM Community itu sendiri merupakan komunitas berisikan alumni  forum diskusi online seputar ilmu manajemen, yaitu Pojok Pintar Manajemen yang rutin diselenggarakan sejak ruang gerak kita untuk belajar terbatas karena pandemi Covid-19.

“Saat ini PPM Community aktivitasnya berjalan pada aplikasi Telegram. Da 5 grup Telegram, yaitu Human Capital Management (HCM) Community; Leadership and Talent Development (LTD) Community; Governance, Risk and Compliance (GRC) Community; Operational Excellence (OPEX) Community; dan Innovation (INV) Community.” ujar Triono Saputro, Direktur Eksekutif PPM Manajemen dalam sambutannya di Jakarta yang disiarkan secara daring (20/11/2021).

Sekitar 2.000 orang yang tergabung dalam 5 Grup Telegram tersebut tumbuh berkembang bersama dalam PPM Community. Komunitas ini menjadi wadah para anggotanya untuk bertukar pikiran, mendapatkan insight perkembangan bisnis dan ilmu terkini. Bersama-sama belajar serta mengembangkan kapasitas dirinya masing-masing.

“PPM Manajemen mengapresiasi para member yang mau bertumbuh bersama selama 1,5 tahun lebih saat pandemi. Harapannya bukan hanya berkumpul saja, tapi  juga para member saling memberikan insight dan mengembangkan diri di PPM Community. Member juga diharapkan selalu aktif untuk saling berbagi mengenai ilmu-ilmu terkini kepada para member yang lain. Sebab, hal ini sebagai upaya meningkatkan kemampuan individu agar lebih berkualitas dalam menghadapi perkembangan yang dapat dilakukan dengan proses mengeluarkan, memperkuat, menciptakan, mengadaptasikan, dan memelihara minat dan bakat yang ada di dalam dirinya,” jelas Triono.

Tentunya, hal tersebut dapat dibantu dengan lingkungan yang mendukung. Untuk itu, Koprol  PPM Community kali ini mengambil tema ‘The Power of Togetherness: Learning Community as a Learning Platform’  yang dikemas dalam bentuk talkshow membahas secara detail bagaimana suatu komunitas dapat mengembangkan kompetensi masing-masing anggotanya secara bersama-sama dan mengapa kita perlu mengikuti komunitas. Harapannya para anggota  PPM Community dapat mengetahui bahwa mereka termasuk dalam Learning Community dan dengan bergabung di PPM Community dapat meningkatkan kompetensi dalam ilmu manajemen dan bidang peminatannya.

Learning community merupakan grup untuk saling berdiskusi dan berbagi pengalaman serta ilmu pengetahuan terhadap suatu ketertarikan dalam hal yang sama (disepakati bersama). Bentuk dari Learning Community juga dapat berupa model, budaya, lingkungan ataupun alat yang menunjang komunikasi dua arah dengan menjadi sistem pendukung yang baik sehingga dapat memperkaya kualitas pembelajaran setiap individu.

Nara sumber yang berbagai pengetaahuannya dalam acara ini adalah  Pinpin Bhaktiar - Pendiri ECI Network; D. Chandra Permana - praktisi & profesional di pasar modal dan anggota PPM Community GRC; serta Octa Melia Jalal - Konsultan PPM Manajemen.

Acara juga dimeriahkan dengan pengumuman pemenang lomba cerita yang sebelumnya diselenggarakan, kontes artikel ini merupakan salah satu acara yang khusus diadakan untuk PPM Community dalam rangka mengenal ‘learning community’.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)