Menjajaki Peluang Bisnis dan Menggenjot Ekspor di Arab Saudi

Peluang ekspor Indonesia ke Timur Tengah dan Arab Saudi semakin prospektif. Meskipun tahun lalu, kontribusinya nilai ekspor terhadap kinerja ekspor baru sekitar 5%. Untuk merangsang dan meningkatkan ekspor ke Timur Tengah, khusus Arab Saudi Konsulat Jenderal RI – Jeddah dengan PT Wahyu Promo Citra akan menggelar potensi Indonesia sebuah misi dagang, pariwisata, dan investasi pameran tunggal Indonesia Expo 2018 di Jeddah Convention Center – Arab Saudi, (28 November - 1 Desember 2018).

Pameran tersebut merupakan kerjasama antara Konsulat Jenderal RI – Jeddah dengan PT Wahyu Promo Citra. Tujuan dari pameran ini meningkatkan kerjasama Indonesia dengan Arab Saudi dan negara Timur Tengah lainnya di bidang perdagangan, pariwisata, dan investasi.

Menurut Bachtiar, Pelaksana Fungsi Ekonomi – Konsulat Jenderal RI – Jeddah, saat ini, khususnya di Arab Saudi, produk-produk Indonesia relatif kalah bersaing dengan negara India, Pakistan, bahkan Malaysia. Padahal, produk Indonesia memiliki kualitas yang tidak kalah dengan negara-negara tersebut. Kuncinya adalah Indonesia kurang mempromosikan produk-produknya ke Arab Saudi yang sebetulnya cukup diminati oleh masyarakatnya.

Rencanya Indonesia Expo 2018 akan dipromosikan di Arab Saudi dan negara Timur Tengah lainnya oleh Konsulat Jenderal RI di Jeddah yang juga akan mengundang target pengunjung potensial dari kalangan pengusaha, investor, pejabat-pejabat dari Arab Saudi dan negara Timur Tengah lainnya serta masyarakat umum.

Secara khusus pada event ini akan digelar Indonesia Business Forum / Indonesia Night yang akan dihadiri pejabat, investor dan pengusaha dari Arab Saudi dan Timur Tengah dan dipertemukan dengan peserta misi dagang, pariwisata, dan investasi dalam pameran

Dalam misi dagang Indonesia Expo 2018 akan digelar Wonderful Indonesia – Tourist Destination Expo, Indonesia Coffee, Cacao & Tea Expo, Indonesia Palm Oil Expo, Indonesia Spices Expo, Indonesia Footwear & Leather Expo, Indonesia Textile & Garment Expo, Indonesia Food & Beverage Expo, Indonesia Strategic Industries Expo, Indonesia Furniture & Craft Expo, Indonesia Fisheries Seaweed Expo, dan Indonesia Investment Forum.

Oleh karena itu, bagi perusahaan atau pengusaha yang memiliki orientasi ekspor ke Arab Saudi dan negara Timur Tengah lainnya maka pameran Indonesia Expo 2018 dapat menjadi prioritas pertimbangan untuk diikuti. Begitupun bagi pemerintah daerah atau perusahaan kontraktor di sektor infrastruktur dapat mengikuti ajang bergengsi ini untuk menggandeng investor dari Arab Saudi atau negara Timur Tengah lainnya.

Selain itu, diperlukan langkah pro-aktif berbisnis dengan Arab Saudi. Hubungan baik ke dua negara dan momen kunjungan Raja Arab Saudi merupakan modal dasar untuk melakukan langkah pro-aktif selanjutnya dengan memperkenalkan peluang investasi pemerintah pusat dan daerah, komoditi unggulan Indonesia, dan destinasi wisata Indonesia kepada masyarakat Arab Saudi.

Dengan mengenal potensi Indonesia baik di bidang investasi, pariwisata, dan perdagangan maka masyarakat pengusaha dan investor Arab Saudi akan menjajaki kerjasama saling menguntungkan dengan Indonesia.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)